Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Guppy



Cara Budidaya Ikan Guppy (akuriumhiasku) | Seperti dengan ikan cupang, ikan guppy yang banyak diminati serta harga nya lebih mahal yaitu ikan jantannya, lantaran mempunyai warna serta sirip yang panjang serta beragam. Kenyataan itu membuat petani lebih suka pelihara ikan guppy jantan karena akan lebih menguntungkan dari segi ekonomi. Di pasar, ada banyak strain guppy dengan warna serta sirip yang berlainan.

Gambaran Ikan Guppy 

ikan guppy mempunyai nilai ekonomis tinggi lantaran variasi warna yang menarik serta wujud sirip yang bermacam, pemeliharaan serta pemijahan mudah, dan tak terpengaruh pada pergantian temperatur serta kualitar air yang lain. Saat ini ada sekitar 30 jenis ikan guppy menurut pola warna serta wujud siripnya, yang sebagian besar adalah komoditi ekspor.

Dari penampakan morfologis, ikan guppy jantan mempunyai wujud serta corak warna badan lebih menarik serta cemerlang dari pada ikan betinanya. Ikan guppy mempunyai kekuatan berkembang biak yang cepat hingga harus secepatnya dipisahkan agar tak berlangsung perkawinan pada umur muda yang bisa turunkan mutu serta jumlah anak yang dihasilkan.

Ikan guppy berbentuk ovovivipar, yakni pembuahan berlangsung didalam badan, embrio disimpan serta selalu berkembang dalam badan induk, akan dilahirkan sesudah lebih kurang 20 hari saat kehamilan. Ikan betina dapat menaruh sperma dalam badannya hingga lebih dari satu kali perkawinan bisa melahirkan hingga tiga kali dengan jarak saat antar kehamilan 7-43 hari, dengan selang saat pada melahirkan anak dengan pembelahan induk betina dari jantannya berkisar 16-35 hari.

Pemeliharaan Induk 

Calon induk ikan guppy bisa didapat sesudah ikan berusia 4 bulan.. Untuk menyetarakan perkawinan saat pemeliharaan induk dikerjakan di wadah terpisah. Makanan yang didapatkan diberikan berbentuk larva Chironomus (chu merah) serta Daphnia (kutu air), yang diberikan 2 x satu hari. Penggantian air dilakukan 2-3 hari sekali sekitar 20-30% volume wadah pemeliharaan.

Pemijahan 

Ikan guppy bisa dikawinkan baik dengan cara berpasangan ataupun dengan cara massal dengan perbandingan pada induk jantan serta betina 1 : 1. lantaran perkawinan ikan guppy dengan cara massal belum pasti berlangsung seluruhnya pada hari pertama sesudah digabungkan, maka umumnya lama pencampuran 4-7 hari. Biasanya sepanjang saat itu ikan guppy telah kawin hingga ikan betina bisa dipisahkan dari induk jantannya supaya tak terganggu oleh induk jantan. Induk betina yang telah kawin itu dipelihara diwadah akuarium memiliki ukuran tertentu atau di bak yang diberi aerasi.



Sesudah dua minggu dari saat pembelahan induk, telah bisa di ketahui induk betina yang hamil lewat cara lihat ada daerah gelap di bagian belakang sirip anal serta perutnya sedikit membengkak. Induk ikan yg tidak hamil di ambil serta dimasukkan kedalam wadah pemeliharaan induk, sesaat induk yang hamil dilewatkan dikumpulkan atau dikumpulkan ke wadah yang lain.

Pemeliharaan serta Pendederan Anak guppy 

Jumlah anak guppy dari tiap-tiap kelahiran berkisar pada 50-200 ekor dengan perbandingan type kelamin seputar 1 : 1. Anak ikan guppy yang lahir dipisah dari induk supaya tidak terjadi persaingan dalam memperoleh makanan. Diluar itu, supaya induk itu memperoleh makanan yang cukup hingga kehamilan keduanya bisa membuahkan anak dengan jumlah yang optimal.

Anak ikan yang baru lahir belum memerlukan makanan. Sesudah berusia sehari, anak ikan di beri makan naupli Artemia atau kutu air yang kecil. Pemeliharaan anak ikan guppy baiknya di ruangan yang dapat terkena cahaya matahari supaya warnanya cemerlang. Wadah pemeliharaan anak ikan bisa berbentuk bak beton atau bak plastik yang cukup luas yang dilengkapi dengan system aerasi. Penggantian air dilakukan tiap-tiap dua hari sekali sejumlah 20-30% volume wadah pemeliharaan.

Seleksi type kelamin bisa dikerjakan sesudah anak ikan guppy berusia sebulan lebih cara lihat ciri kelamin sekundernya seperti sirip ekor lebih panjang, warna semakin bagus serta sirip anal yang runcing. Beberapa besar anak ikan betina yang dihasilkan dapat di jual atau dibuang serta bekasnya bisa dipelihara selanjutnya untuk jadikan calon induk.

Langkah Membuahkan Anak guppy Seluruhnya Jantan

Teknik yang dapat dipakai untuk membuahkan seluruhnya ikan guppy jantan yaitu dengan mengarahkan diferensiasi kelaminnya memakai hormon jantan (androgen) seperti 17a-methyltestosteron. Lantaran ikan guppy ini melahirkan anak serta diferensiasi kelaminnya berlangsung pada waktu tetap di dalam perut induknya, maka pemberian hormon yang dikerjakan pada waktu induk hamil. Dosis hormon yang didapatkan yaitu 2 mg/l air perendaman dengan lama perendaman 24 jam. Langkah pembuatan larutan hormon sama sesuai pembuatan larutan hormon pada ikan cupang, yakni hormon dilarutkan terlebih dulu dengan alkohol 70% serta setelah itu digabungkan dengan air yang akan digunakan merendam. Pada tiap-tiap satu liter air yang telah di beri hormon bisa merendam 3 ekor induk yang telah hamil, baik pada hamil pertama ataupun pada hamil ke-2. Perendaman pada waktu hamil pertama dikerjakan sesudah 14 hari dari saat pembelahan pada induk jantan serta betina, sedang perendaman hamil ke-2 dikerjakan sesudah 14 hari dari saat melahirkan pertama. Sepanjang aktivitas perendaman, kedalam air perendaman ikan terus di beri aerasi. Jumlah anak yang dihasilkan dari perlakuan tak tidak sama atau sama juga dengan ikan yg tidak di beri hormon, serta anak yang dihasilkan bisa seluruhnya jantan (100%).