Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Tips Cara Penyusunan Aquascape Gaya Iwagumi

Inilah Tips Cara Penyusunan Aquascape Iwagumi Style - akuariumhiasku | Pada Kesempatan ini kita akan membahas pada salah satu Gaya/Style dalam akuarium yang sangatlah populer yakni style Iwagumi.



Untuk seorang yang mau coba tata letak Iwagumi untuk pertama kalinya

Tiap-tiap batu yang dipakai dalam Iwagumi mempunyai nama sendiri. Ada ketentuan khusus Iwagumi, seperti cara substrat yang ditempatkan serta urutan peletakan batu. Pada bagian ini akan mengulas dasar-dasar Iwagumi yang wajib di ketahui.

Nama dan Fungsi Batuan Pada Gaya Iwagumi



Oyaishi
Yaitu batu paling utama dalam Iwagumi. Yaitu batu paling besar dan yang paling baik dari sisi bentuk serta ciri-ciri. Tingginya mesti sekitar 2/3 dari tinggi akuarium.

Fukuishi
Yaitu batu paling besar ke-2 serta diletakkan di ke-2 sisi kiri atau kanan Oyaishi. Tentukan batu dengan struktur yang sama atau serupa seperti Oyaishi untuk memberi keseragaman pada Iwagumi keseluruhan.

Soeishi
Ini lebih kecil dari Fukuseki dan diletakkan di samping Oyaishi, bersamaan dengan Fukuseki. Hal seperti ini penting dalam aliran bahwa Oyaishi membuat dengan menguatkan hadirnya Oyaishi atau memprioritaskan kemampuan Oyaishi.

Suteishi (batu kurban)
Ini yaitu suatu batu kecil yg tidak berdiri di susunan keseluruhnya Iwagumi, serta bahkan juga mungkin saja jadi tersembunyi oleh tanaman air sesekali. Keberadaannya mempunyai elegan, halus simpel.

Apakah Iwagumi Sanzon?



Yaitu komposisi yang paling dasar Iwagumi dimana batuan paling besar diletakkan di pusat serta Fukuseki kecil serta Soeishi diletakkan ke kiri serta kanan Oyaishi. Type komposisi dimaksud Sanzon Iwagumi karena kemiripan susunan batu untuk triad Buddha.

Jumlah batu tujuh, lima, atau tiga?



Hal ini dianggap baik untuk mempunyai angka ganjil untuk batuan yang memainkan sisi paling utama dalam panorama. Dengan jumlah batu yang genap condong tampak simetris serta condong mengaburkan hasil atau mungkin dengan kata lain memecah konsentrasi konsentrasi akuarium. Iwagumi akan tampak lebih menarik bila pusat keseimbangan agak berubah ke salah satu segi yang lain.
A : Jumlah batu yang genap condong membagi dengan cara rata.
B : Mempunyai jumlah batuan ganjil akah lebih memperkuat konsentrasi.

Kenapa Oyaishi miring? 




Sama juga dengan Sanzon Iwagumi pada taman gaya Jepang, style dalam taman kering, senantiasa nampak tegak, style Oyaishi pada Akuarium diletakkan menyudut juga sebagai penekanan aliran air serta menahan kemampuan aliran air.

Prosedur Layout Iwagumi 

Lapis tipis, merata susunan substrat. 
Walaupun ketebalan substrat rata untuk suatu layout dengan kayu apung dijaga tetap rendah dibagian depan akuarium dan tingkatkan dengan cara bertahap ke arah belakang, substrat untuk tata letak Iwagumi ditempatkan tipis serta rata awal mulanya. Style Ini tidak sama dari cara peletakan substrat di layout lain.



Atur Oyaishi sesuai sama ketentuan baku.
Yaitu ketentuan intinya dalam mengawali dengan meletakkan Oyaishi pertama sekali. Suatu Iwagumi yang menarik serta seimbang bisa di buat dengan meletakkan Oyaishi ikuti rasio baku pada 1 : 1. 618 (seputar 2 : 3).



Mengatur batuan dari yang paling besar ke paling kecil dalam urutan ukuran. 
Sesudah peletakan Oyaishi, batuan diletakkan dalam urutan ukuran : Fukuseki Soeishi pertama, selanjutnya, serta Suteishi paling akhir. Posisi batuan diputuskan dengan memerhatikan keseimbangan pojok serta tujuan dari batuan.



Penyelesaian substrat lewat cara menggunung. 
Gundukkan tanah dengan menebarkan penambahan substrat yang ada dengan memakai wadah plastik kecil. Biarlah sebagian substrat menutupi bebatuan untuk membuahkan cita rasa yang menyeluruh. Lakukan substrat dengan menebarkan substrat type bubuk/halus di atas gundukan yang ada.



Maksud paling utama memberikan tanaman

Lantaran tanaman air dapat melunakkan penampilan kuat batuan, tanaman air dipakai untuk membuat keseimbangan dengan penampilan kuat batu. Tanaman yang tumbuh rendah dipakai untuk menonjolkan detil susunan batu. Penanaman tanaman air di samping atau di-antara batuan adalah kunci untuk tingkatkan nuansa alami tata letaknya.



Referensi : Myownaquascape(dot)blogspot(dot)com