Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inikah Ikan Air Tawar Yang Berhasil di Tangkap

Inikah Ikan Air Tawar Yang Berhasil di Tangkap - Akuarium Hias. Beberapa ilmuwan yang bekerja di Sungai Mae Klong, Thailand berhasil menemukan seekor ikan pari raksasa. Mereka beranggapan pari ini adalah pesain untuk ikan air tawar besar yang pernah didokumentasikan sebelumnya. 

Pari itu di tangkap kemudian dilepaskan di perairan Kabupaten Amphawa, sekitaran satu jam perjalanan dari Bangkok. 



Nantarika Chansue, pakar hewan serta profesor di Kampus Chulalongkorn, Bangkok, menolong menangkap serta mengukur pari itu. “Pari (Himantura polylepis atau H. chaophraya) panjangnya mencapai ukurab 4,3m dan lebarnya 2,4m. dengan berat sekitar 318-363 kg, ” tulisnya dalam e-mail. 

Seorang anggota National Geographic serta profesor biologi di Kampus Nevada, Zeb Hogan, menyampaikan kalau tim ilmuwan tidak dapat mengetahui berat sebenarnya dikarenakan pari itu begitu susah ditimbang tanpa harus menyakitinya, sebab makhluk ini begitu besar. 

“Tentu saja ikan yang begitu besar, bahkan juga bila dibanding dengan pari air tawar raksasa yang lain, serta pastinya mendapatkan peringkat ikan air tawar paling besar didunia, ” tutur Hogan. 

Hogan mempunyai hubungan dengan pari spesies ini : Hewan yang sama pernah tertangkap serta ditandai pada 2009 dibawah program yang ia lakukan bersamaan dengan Nantarika. 

Nantarika lakukan USG portable pada pari itu saat pari berada di kandang sungai. Akhirnya mengungkap kalau hewan itu memiliki kandungan dua janin. Catatan tunjukkan kalau pari itu juga hamil saat tertangkap pada th. 2009. 

“Ini memberikan indikasi kalau pari ini diketemukan hidup pada daerah yang dapat berkembang biak, ” tutur Hogan. 

Pada 2009, pari itu mempunyai panjang 4,58m dan lebar 2m.“Ekornya mungkin saja sudah memendek lantaran kecelakaan , ” tutur Nantarika. Pari itu juga mempunyai tanda sisa gigitan yang kemungkinan datang dari pari jantan. 

Dengan mengetahui  sudah berapa lama waktu berlalu mulai sejak pari terakhir kali di teliti, beberapa ilmuwan saat ini mempunyai pandangan yang lebih baik mengenai seberapa cepat pari bisa tumbuh. Seperti umumnya ikan, mereka tetaplah tumbuh selama mereka hidup dan memperoleh cukup makanan di alam liar. Pari raksasa adalah pemangsa laut bawah, mereka memangsa ikan, udang, kerang serta apapun yang bisa mereka dapatkan. Beberapa ilmuwan tidak tahu berapakah lama pari bisa hidup, namun Nantarika memprediksi pari yang satu ini berumur pada 35-40 th. berdasar pada ukuran badannya. 

Rekor Tangkapan? 

Hogan mencari catatan ukuran ikan air tawar selama masa Proyek Megafish-nya, yang mempelajari ikan air tawar terbesar didunia. Rekor ukuran terlebih dulu untuk ikan air tawar sekitar 314 kg, yang di miliki oleh seekor lele Mekong raksasa. Pari air tawar paling besar yang pernah ia ukur sebelumnya berbobot sekitaran 180 kg. 

The Guinness Book of World Records mencantumkan ikan lele Mekong raksasa yang juga tinggal di Thailand sebagai ikan air tawar paling besar didunia, dengan berat sekitaran 300 kg.


Pada edisi 2015, kelompok pari laut paling besar dipisahkan dari kelompok ikan bertulang. Juru bicara Guinness World Record Amerika Utara, Anthony Yodice menyampaikan kalau organisasinya tidak akan berkomentar apakah tangkapan ini adalah rekor paling baru hingga permintaan resmi diserahkan serta di check. 

Pari itu adalah ikan ketujuh yang di tangkap oleh Hogan serta Nantarika sepanjang program sepuluh tahun mereka. 

Penangkapan pari dibantu oleh Fishiam Ltd, yang tawarkan tips menangkap serta melepas ikan. Saat di tangkap, pari itu di beri sinyal serta microchips, yang dipakai Nantarika serta Hogan untuk mencari tingkat perkembangan serta gerakan pari. Fishiam memakai jaring serta kandang khusus untuk melindungi hewan itu tetap di air serta mengurangi stress saat pari sedang di teliti. 

Ikan pari air tawar raksasa mempunyai tulang belakang terpanjang dari tiap-tiap spesies pari, sampai 15 inci, serta membawa toksin kuat. Hewan ini memakai tulang belakangnya untuk pertahanan serta itu dapat mematikan, namun begitu tidak sering mengakibatkan cedera pada manusia bahkan juga sampai kematian karena racun di ekornya.

Spesies terancam 

Ikan pari air tawar raksasa tercatat sebagai satwa terancam punah oleh IUCN. “Jumlah pari ini alami penurunan cepat lantaran karena tak ada hukum nasional yang membuat perlindungan mereka, ” tutur Nantarika. 

Ikan raksasa lain di lokasi itu, termasuk juga lele Mekong raksasa, lebih buruk lagi kondisinya karena mereka lebih mudah di tangkap oleh para nelayan. Pari air tawar begitu besar serta kuat hingga mereka mengakibatkan kerusakan nyaris semuanya peralatan memancing yang tidak didesain khusus untuk menangkap mereka. Diluar itu juga lantaran bukanlah adalah bahan makanan favorite, jadi tidak banyak desakan dari pemancingan komersial. 

Pari ini malah terancam oleh pulusi, tumpahan minyak serta bendungan yang memisah-misahkan habitat mereka. 

“Kenyataan kalau Pari raksasa yang diketemukan kesempatan ini hamil lagi, adalah kabar baik untuk spesies, serta menunjukkan kalau hewan bisa bertahan dari sistem menangkap serta melepas kembali, ” pungkas Hogan.


Nah demikianlah artikel dari blog Akuarium Hias yang pada kesempatan kali ini berbagi informasi tentang ikan awar terbesar di Indoenesia.


Referensi : Nationalgeographic(dot)dot.(id)

Post a Comment for "Inikah Ikan Air Tawar Yang Berhasil di Tangkap"