Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Cupang

Ikan Cupang

Cara Budidaya ikan cupang - akuariumhiaskus |dengan berhasil beserta langkah pemijahannya. Pada tulisan terdahulu saya dulu mengulas perihal budidaya cacing tanah untuk usaha serta saat ini " Masterz Search engine optimation " dapat berikan langkah yang efisien tentang budidaya ikan cupang hias dari sisi saat ataupun cost,. serta barangkali dapat jadi usaha yang menjanjikan untuk anda.

Barangkali beberapa orang yang mengira beternak ikan cupang yaitu pekerjaan yang sulit serta memerlukan cost yang amat mahal dalam prosesnya,
Pertama-tama siapkan indukan ikan cupang yang bagus serta siap dikawinkan sekurang-kurangnya berumur 3-4 bln. dengan tanda-tanda ikan cupang jantan telah keluarkan gelembung-gelembung serta ikan cupang betina telah ada bercak putih pada kelaminya dan pilihlan indukan yang sehat serta warna yang bagus di karenakan dapat merubah keturunanya.

Langkah pemijahan ikan cupang
Pijahkan indukan ikan cupang yang telah di tentukan dalam wadah atau baskom

indukan ikan cupang yang dapat dipijahkan





Biarlah sistem tsb lebih kurang sepanjang 42 jam/ 2 hari. Pada hari pertama ikan cupang jantan dapat bikin gelembung untuk telur serta dihari ke-2 dapat berlangsung sistem perkawinan serta telur dapat di simpan oleh ikan jantan dalam gelembung tsb.
Sesudah hari ke dua pisahkan ikan cupang betina dari wadah/ baskom biarlah ikan cupang jantan berbarengan telur.

langkah ternak ikan cupang dipisahkan

Simpanlah wadah atau baskom tsb di area yang gelap serta janganlah di pindah-pindah kerena bila telur tsb jatuh dari gelembung maka telur tsb dapat busuk/ mati serta dalam sistem tsb dapat jantan tak perlu di beri pakan. Biarlah sistem tsb jalan sepanjang 10 hari atau 1 minggu, sesudah itu pisahkan indukan ikan cupang jantan lantas pindahkan anakan-anakan ikan cupang ketempat yang semakin besar dengan cara hati-hati untuk kurangi kematian.


anakan ikan cupang dipindahkan

Untuk pakan anakan ikan cupang yang berusia 1 minggu bisa dikasih makan air kol (air hasil rendaman sayur kol) di karenakan air hasil rendaman sayur kol memiliki kandungan bakteri/ plankton atau dapat juga di beri makan jentik nyamuk yang telah disaring. 


makanan untuk ikan cupang 

Bagaimana sahabat gampang serta simple kan..??
Semoga artikel " Langkah budidaya/ ternak ikan cupang hias " ini berguna untuk anda, mohon maaf apabila ada salah kata atau salah penulisan. Kritik serta anjuran silakan anda catat pada kolom komentar di bawah ini.