Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Puntius



Ikan Puntius (akuariumhiasku) | Puntius denisonii adalah spesies ikan yang cukup populer di kelompok penghobi ikan hias, terlebih beberapa aquascaper, lantaran ikan ini bisa diletakkan didalam aquarium yang diisi beragam jenis tanaman air. Ikan ini dapat kadang dijuluki dengan sebutan ikan torpedo lantaran wujud badannya yang serupa torpedo. Puntius denisonii datang dari India, tepatnya di sungai-sungai seputar Kerala, India Selatan. Ikan ini terhitung ke dalam type Puntius, atau kerap juga dikatakan sebagai Barb/Barbus.



Gambaran Spesies 
Puntius denisonii mempunyai wujud badan panjang serta lancip seperti torpedo, dengan sisik yang berwarna perak. Ciri khas yang lain adalah ada garis merah dari mulut melalui matanya sampai ke tengah-tengah badan. Diluar itu, ada garis hitam yang melintang di tengah-tengah badannya, pas dibawah garis merah itu. Tak seperti garis merah yang cuma melewati beberapa badannya, garis hitam ini ada dari ujung ke ujung. Sesudah dewasa, ikan ini bakal mempunyai warna hijau/biru dibagian kepalanya. Ukuran maksimum ikan ini sesudah dewasa yaitu seputar 15 cm.

Keperluan Dasar 
Di habitat aslinya, ikan Puntius denisonii hidup di sungai yang mempunyai arus deras, hingga alangkah sebaiknya bila kita mempunyai setup aquarium yang mengikuti habitat asli itu dengan menempatkan system filtrasi yang akan bikin arus. Ikan ini tergolong cukup aktif hingga membutuhkan ukuran aquarium yang cukup besar supaya mereka bisa berenang dengan leluasa. Aquarium memiliki ukuran 150 cm x 60 cm x 60 cm bisa berisi seputar 8 hingga 10 ekor ikan Puntius denisonii. Setting aquarium dengan beragam tanaman hias serta kayu (driftwood) adalah wujud setup yang pas untuk Puntius denisonii, hingga Anda tak perlu sangsi memasukkan ikan ini ke dalam setup aquascaping Anda.
Parameter air yang pas untuk ikan ini yaitu pH pada 6, 5 hingga 7, 5 dengan gH pada 5 sampai 25. Suhu air yang pas untuk mereka yaitu pada 18-26°C. Seperti umum, system filtrasi yang baik yaitu suatu kewajiban.