Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ikan Balashark



Mengenal Ikan Balashark (akuariumhiasku) | Ikan balashark adalah type ikan yang dinyatakan IUCN untuk ikan yang masuk daftar ikan langka dan harus dilindungi. Ikan Balashark dengan nama daerah ikan Puntung Kanyut (Sumatera Selatan), Ketutung (Kalimantan Barat) serta Ridik angus (Jambi) adalah satu diantara type ikan yang keberadaannya telah dikategorikan hampir punah untuk Kalimantan barat serta Jambi. Tetapi di Sumatera Selatan type ini tetap dapat diperoleh meskipun jumlahnya sedikit.

Ikan balashark yang kecil (benih) adalah ikan hias yang benar-benar indah dilihat dengan badan yang berwarna perak pada bagiasn siripnya ada warna hitam serta kuning. Kenapa ikan balashark demikian cepat menghilang dari perairan? Hal ini disebabkan penangkapan yang terlalu berlebih serta berkurangnya mutu lingkungan habitat di mana ikan itu hidup.

Ikan ini terhitung ikan yang benar-benar gampang mati, hingga memerlukan penanganan extra hati-hati. Balashark memerlukan oksigen yang tinggi serta air yang jernih terlebih dalam penampungan, lantaran ikan ini terhitung ikan yang hidup dibagian hulu dari sungai sisi tengah di mana keadaan oksigennya relatif tinggi yakni kian lebih 6 ppm ; walau di alam juga kerap didapati di rawa  terlebih yang terkait dengan sungai yang besar.



Makanan ikan balashark di alam yaitu fitoplankton terlebih dari grup Bacillariophyceae (Diatoma sp, Synedra sp) serta Desmidiceae (Closterium sp) serta type phitoplankton yang lain seperti Mougeotia sp, Pleurotaenium sp, Cosmarium sp, tetapi terkadang juga ada yang didominasi oleh rotifera dalam lambungnya.

Arisan Belido adalah satu diantara habitat anakan ikan ini di DAS Musi. Ikan ini adalah type ikan yang bermigrasi di mana pada waktu memiliki ukuran benih, hidup di perairan rawa asam serta sesudah mulai dewasa bakal ada di sungai intinya yakni sungai Musi.

Meskipun induk ikan putung tenggelam telah susah tertangkap, tetapi benih-benihnya ada banyak tertangkap di perairan sungai Arisan Belido. Menurut Dahuri (2004) Balashark adalah satu diantara ikan hias air tawar yang banyak dihasilkan oleh perairan umum di Sumatera disebabkan penangkapan yang terlalu berlebih serta pencemaran waktu ini ikan itu sudah alami penurunan.