Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ikan Manfish



Mengenal Ikan Manfish (akuariumhiasku) | Ikan manfish yang di kenal juga dengan arti 'Angel fish' adalah terhitung ikan bertulang sejati. Kenapa di beri nama Angel Fish, lantaran wujud serta warnanya yang menarik serta gerakkannya yang tenang. Habitat asli ikan ini datang dari perairan Amazon, Brazil, Columbia serta Peru di lokasi Amerika Selatan.

Hidup di perairan air tawar (pH 6 – 8) yang tenang arus airnya serta mempunyai banyak tanaman air. Suhu air ideal untuk Manfish berkisar 24 – 30 oC. Ukuran ikan Manfish dapat mencapai panjang 7, 5 cm (di kepustakaan ada yang menyebutkan panjangnya dapat lebih 25 cm). 

Manfish (Pterophyllum scalare) tergolong ke dalam famili Cichlidae, memiliki tanda-tanda morfologis serta rutinitas seperti berikut :

- Mempunyai warna serta type yang beragam
- Wujud badan pipih, dengan badan seperti anak panah
- Sirip perut serta sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor, hingga terlihat untuk busur yang berwarna gelap transparan
- Di bagian dadanya ada dua buah sirip yang panjangnya menjuntai hingga ke sisi ekor.
- Melindungi serta membuat perlindungan keturunannya.
- Berbentuk omnivorus
- Tergolong gampang terima beragam type makanan dalam beragam wujud serta sumber

Sebagian jenis ikan Manfish yang di kenal serta sudah berkembang di Indonesia diantaranya : Diamond (Berlian), Imperial, Marble serta Black-White.


Manfish Diamond (Berlian) berwarna perak mengkilat hingga hijau keabuan. Di bagian kepala atas ada warna kuning sampai coklat kehitaman yang menyusur hingga sisi punggung.



Manfish Imperial memiliki warna basic perak, namun badannya dihiasi empat buah garis vertikal berwarna hitam/coklat kehitaman.



Manfish Marble mempunyai warna kombinasi hitam serta putih yang membuat garis vertikal.



Klasifikasi angelfish menurut Schultze (1823) seperti berikut :
Kingdom : Animalia
Sub Kingdom : Metazoa
Phylum : Chordata
Sub phylum : Vertebrata
Superclass : Osteichthyes
Class : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Family : Cichlidae
Genus : Pterophyllum
Species : Pterophyllum scalare

Artikel terkait : cara budidaya ikan manfish