Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Empire Gudgeon Penghias Aquascape




Ikan Empire Gudgeon Penghias Aquascape - akuariumhiasku | Empire Gudgeon Menyebar di selatan Papua Nugini serta bagian timur dan utara Australia. Jangkauan penyebaranyaa di Australia memanjang dari Pimbara dan Kimberley di negara bagian Australia Barat hingga ke sistem sungai Towamba di negara bagian New South Wales.

Hal yang harus di siapkan dalam memelihara ikan jenis ini adalah Siapkan banyak tempat persembunyian dan juga penutup. Hal ini tidak hanya berguna agar ikan ini dapat hidup lebih nyaman, tapi juga memiliki maksud untuk memberikan tempat perlindungan untuk ikan yang lemah dari ikan yang lebih kuat. ikan ini sangat cocok jika dipelihara dalam aquascape.


Di alam, ikan ini biasanya memangsa krustasea atau invertebrata kecil. Di akuarium ikan ini harus diberi pakan hidup atau beku ; seperti bloodworm, jentik nyamuk, Artemia, Daphnia, Mysis, dsb ; walaupun sebenarnya ikan ini dapat diberi pakan kering.

Pendamai dan dapat dipelihara bersamaan ikan pendamai yang lain dan yang mempunyai ukuran kurang lebih sama besarnya.

Ikan ini memiliki warna tubuh yang betul-betul indah. Corak tubuh yang indah itu hanya ada pada ikan pejantan, ikan betina biasanya memiliki warna tubuh yang kusam. Ikan ini hidup di air tawar, namun akan menuju ke muara dan pesisir pantai jika akan memijah. Warna tubuhnya yang cantik ini akan tampak semakin indah jika ikan ini dipelihara dalam akuarium yang penuh dengan tanaman air. Walaupun sekian, ketersediaannya di Indonesia terus tak kerap dan baru dikenal di grup penghobi aquascape saja. Per ekornya ikan ini dijual dengan harga sekitar Rp15. 000, -.