Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candiru Ikan Paling Berbahaya di Dunia



Candiru Ikan Paling Berbahaya di Dunia (akuariumhiasku) | Jika di Indonesia, anda bisa kencing di sembarang sungai kecuali sungai milik suku pedalaman. Namun bila anda  sayang nyawa, janganlah melakukanya di Sungai Amazon serta Oranoco, Brazil, karena disitulah habitat ikan Candiru atau Canero berada.

Oleh masyarakat lokal ikan ini lebih ditakuti dari pada ikan piranha. Bila ikan piranha menggerogoti badan mangsanya dari luar, ikan ini menyerang dari dalam. Pada ikan yang lebih besar, ia masuk lewat insang serta melukainya dengan duri di kepalanya, pada manusia ia dapat masuk lewat lubang anus, vagina, juga penis.



Ikan ini dapat dikatakan sebagai “Ikan Vampir dari Brazil” lantaran ikan ini meminum darah dari ikan yang dimasukinya sesudah keluarkan tulang belakang ikan mangsanya supaya ia bisa berpegangan.

Ikan yang termasuk sejenis dengan lele ini memiliki ukuran badan yang mini. Panjangnya 1-2 inchi dengan lebar 4-6 mm. Dengan warna yang transparan, gerakan gesit serta badan lembut serta licin, ikan ini makin susah dihindari.



Ada 3 spesies candiru : candiru memiliki ukuran jari dan candiru memiliki ukuran tusuk gigi, umumnya makan lewat cara masuk ikan yang lebih besar, sedang candiru paus (whale candiru) adalah pemakan bangkai ikan yang telah mati.

Candiru memindai mangsanya dari air seni atau darah yang mereka mengeluarkan. Karenanya, berenang sambil kencing jadi besar kesempatan ikan candiru untuk memangsa kita.

Langkah membunuh ikan ini dapat dengan penyembuhan tradisional, yakni dengan air dari dua tanaman : Xagua serta apel Buitach yang dimasukkan ke daerah yang terkena. ke-2 tanaman ini bakal melarutkan ikan itu.

Bisa pula lewat operasi. Namun operasi memerlukan biaya serta waktu. Sepanjang masa penantian sebelum saat operasi, korban seringkali alami infeksi yang mengakibatkan shock serta kematian korban sebelum saat candiru bisa di ambil.