Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Perlengkapan Akurium

Jenis Perlengkapan Akurium (akuariumhiasku) | Untuk memelihara berbagai jenis ikan, maka kita memahami sebagian perlengkapan pendukung yang dapat memenuhi keperluan pemeliharaan ikan itu. Sebelum memulai memelihara ikan dalam akuarium, berikut beberapa perlengkapan akuariam yang di perlukan :



Bejana Kaca (akuarium)
Bejana kaca ini adalah bak yang berisi komponen-komponen pokok, yakni air, ikan, benda-benda dekorasi, filter, serta tumbuhan air. Bejana ini wujud serta ukurannya berbagai macam bergantung kepentingan serta pemakaian akuarium. Ada akuarium dengan ukuran besar, namun ada juga akuarium memiliki ukuran kecil.

Aerator 
Aerator ini yaitu alat yang dipakai untuk mempompakan udara ke dalam air. Hal semacam ini ditujukan supaya air untuk tempat hidup ikan memperoleh suplai oksigen yang cukup hingga sirkulasi pernafasan ikan terjaga baik.

gelembung udara


Karenanya dibutuhkan aerator ini. Di samping itu, aerator juga mendorong air masuk ke filter hingga sekalian bisa bersihkan air dari kotoran yang ada.

mesin aerator


Pada segi yang lain, aerator juga berperan untuk menggerakkan sebagian asesoris yang ada didalam akuarium.seperti kincir air dalam akuarium sehingga membuat penampilah dalam akuarium lebih hidup dan indah.

Sirkulator 
Sirkulator ini adalah water pump yang berperan untuk mengalirkan air dari bak akuarium ke dalam filter sekalian pada waktu tersebut berlangsung difusi udata ke dalam air hingga air memiliki kandungan banyak oksigen. Sirkulator ini menyedot air dari dalam bak sisi bawah serta keluarkan kembali ke permukaan air sesudah lewat saringan, hingga air terus jernih.

Pompa air akuarium


Alat penyedot ini berbentuk water pump dari motor listrik yang dilengkapi suatu baling baling yang bergerak berputar cepat hingga air terhisap serta terdorong menuju ke filter yang ada diatas permukaan air. Setelah itu air di filter masuk lagi ke bejana akuarium.

Filter 
Alat ini berperan untuk menyaring kotoran yang ada didalam air akuarium. Kotoran ini datang dari bekas makanan serta juga dari kotoran ikan. Filter ini ada yang segera dipasang didalam air dengan cara seri dengan aerator. Namun ada juga yang ditempatkan dibagian atas, bergantung diatas bak hingga filter ini dipadukan dengan sirkulator.

eksternal filter


Lampu penerangan 
Lampu penerangan ini dipakai untuk menerangi sisi dalam akuarium hingga tampak keindahan dalam akuarium itu. Lampu ini memakai TL yang berwarna atau putih saja. Letak lampu ini dibagian atas serta diarahkan ke dalam air akuarium hingga cahayanya segera ke dalam air.

lampu akuarium


menggunakan lampu sebagai pengganti cahaya matahari langsung cukup berguna untuk menghambat tumbuh kembangnya jamur dan lumut damal akuarium.

Itulah beberapa jenis dan perlengkapan akuarium yang dapat di gunakan sebagai acuan dalam memulai pemeliharaan ikan hias dalam akuarim. dan menjaga kwalitas air demi kesehatan ikan hias yang di sukai.
semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca.