Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Koi Unggulan



Jenis Jenis Koi Unggulan (akuariumhiasku) | Bagi para pecinta ikan Koi selain sebagai ikan hias, ikan koi terkadang ikan yang di anggap membawa keberuntungan. Untuk para pecinta koi yang baru ingin memulai memelihara ikan Koi ada baiknya mengetahui salah satu jenis ikan Koi unggulan ini :

KOI TANCHO


Tancho adalah ikan Koi dengan warna merah bulat yang khas di bagian kepala dan warna itu tidak terlihat di bagian tubuh lainya. Kombinasi warna putih serta bulatan merah pada koi Tancho serupa dengan bendera Jepang. Bila warna merah bulat di bagian kepala diikuti juga dengan timbulnya warna di lain tempat maka koi itu di kenal dengan nama Maruten.


TANCHO KOHAKU

Walau Tancho umumnya diasumsikan dengan Kohaku, yakni pola bulat merah pada bgaian kepala serta sisi badan yang lain berwarna putih, tetapi tiap-tiap jenis koi pada intinya dapat membuat pola Tancho. Misalnya yaitu Tancho Ogon, yakni koi metalik (platinum, nezu ogon, koi kuning) dengan bulatan merah metalik cuma pada kepala.
Diluar itu ada juga pola tancho yang nampak untuk type koi Sanke serta showa. Serta umumnya pola Tancho yang ada pada kelas Gosanke (Kohaku, Sanke, Showa) yang kerap nampak pada arena kontes koi.



Untuk menilai Koi Tancho yang harus di perhatikan yaitu warna dasar yang bersih serta kokoh. Warna merah sebagai pola Tancho mesti tajam serta bulat. Bulatan merah besar meliputi seluruhnya sisi kepala namun tak hingga ke muka serta mata koi. Tak hanya persyaratan itu kriteria-kriteria koi yang baik biasanya juga berlaku untuk Tancho.

Tancho Kohaku umumnya jadi icon dari Koi Tancho yang ideal, karenanya latar belakang warna putih polos yang bersih bakal menaikkan anggun Tancho Kohaku. Diluar itu sisik juga mesti rapi lantaran ini bakal menaikkan keindahan Tancho.

Pada umur muda pola warna merah pada tancho terkadang tak stabil. Warna merah dapat sirna juga hilang karena beberapa hal seperti stress atau lainya. Karenanya dalam menentukan Tancho pastikan yang mempunyai mutu merah yang cukup tidak tipis.

Tancho memanglah satu diantara type koi yang cukup menawan untuk variasi dari beragam jenis pola koi. Banyak pengagum yang melengkapi koleksinya dengan Koi Tancho.