Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pencahayaan Pada Aquascape



Cara Pencahayaan Pada Aquascape (akuariumhiasku) | Pada kesempatan kali ini akan di bahas tips pencahayaan pada aquascape. Pencahayaan Terlalu berlebih pada aquascapeakan mengakibatkan bayak hal seperti : penghitamnya warna tanaman, timbulnya algae juga kematian tanaman yang mungkin dapat terjadi.

Sebaliknya kekurangan pecahayaan pada aquascape akan mengganggu berfotosintesnya tanaman, warna tanaman jadi tak prima, perkembangan terhambat dan juga dapat mengakibatkan kematian pada tanaman.

Pencahayaan untuk tanaman aquascape terdiri dari beberapa kelompok yakni :


1. Tanaman high light Misal tanaman : Glosostigma, Elatin Triandra, Hemiantthus Cuba, Hydrocotyle Tripartita, Ludwigia Inclinata, Rotala Macrandra sp,

2. Tanama medium light Misal tanaman : Cryptocorne Parva, Cryptocorne Balansae, Cryptocoryne Spiralis, Echinodorus Ozelot, Echinodorus Red rubin, Echinodorus Indian Red,

3. Tanaman Low light Misal tanaman : Anubias Coffefolia, Anubias Nana, Anubias Minima, Pogostemon Erectus, Marsilea Quadrifolia

Sebelum bersenang senang dengan aquascape sebaiknya anda mengetahui lebih jauh type tanaman air yang anda ingin gunakan, awalilah pengetahuan kebutuhan pencahayaan dari masing masing tanaman serta kalkulasi volume aquarium anda, berikut langkah menghitungnya :

Panjang x lebar x tinggi Umpamanya panjang aquarium anda 60cm lebar 40cm tinggi 40cm Hasil volume = 96000 untuk 1000 maka hasil jadi 96. bermakna jumlah liter air yaitu 96 liter. lewat cara penghitungan ini anda barusan tahu jumlah liter air pada aquarium anda.

Untuk mengetahui kebutuhan pencahayaan pada aquarium anda langkah pemghitungnya adalah : (Volume sama) adalah = jumlah volume air yang sudah di kalkulasi.

High light = (1) Medium Light = (0, 8) Low Light = (0, 6)
Tanaman Hight light (1 x volume sama) = 96 maka hasil keperluan pencahayaan 96 watt.
Tanaman medium light (0, 8 x volume sama) = 76 maka hasil keperluan pencahayaan 76 watt.
Tanaman low light (0, 6 x wolume sama) = 57 maka hasil keperluan pencahayaan 57 watt.

Dalam hal semacam ini anda mau mengunakan Glosostigma yang masuk dalam katagori tanaman high light Lighting yang anda gunakan T8 20 watt x 5 = 100 watt

*Untuk tank/aquarium dengan kedalaman  lebih dari 70cm dianjurkan mengunakan MH.
*Untuk aquarium 60cm ke bawah ketentuan 1 watt per liter air akan tak berlaku, karna makin kecil tank/aquarium maka mesti lebih kecil juga intensitas watt nya.
*Begitu juga dengan aquarium besar umpamanya 600liter, tak mesti juga lampunya 600watt umpamanya mau menggabungkan pada tanaman High light dengan low light misal : dari bawah glosostigma sekalian anubias, berarti sedapat mungkin diatas anubias ada penghalang- seperti ranting/kayu yang sudah di tempel Moss atau tanaman berdaun lebar lainya hingga cahaya- lampu hight light tak langsung menyorot cahanya ke tanaman anubias yang membutuhkan- sinar low light. 
*Cobalah mulai suka menggunakan tanaman kuat/gampang hidup terlebih dulu seperti : Anubias, Cryptocoryne, Echinodorus, mos serta type microsorum.