Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Lampu Aquascape



Jenis Lampu Aquascape (akuariumhiasku) | Pada kesempatan kali ini akan di bahas jenis lampu yang biasa dipakai pada aquascape sesuai dengan ukuran serta tema aquascape yang anda punya.Terdapat banyak jenis lampu yang bisa dipakai, diantaranya


Lampu PL (Power ligt) 
Jenis lampu ini memiliki ukuran lebih kecil tetapi nyatanya memiliki tingkat lumens yang lebih tinggi dibanding lampu TL, hingga kita bisa menempatkan semakin banyak lampu untuk aquascape kita, hingga lampu Jenis ini pas untuk aquascape high light. Ukuran standard lampu PL= 18 watt (21cm, 1200 lumen), 24 watt (31cm, 1800 lumen) serta 36 watt (41cm, 2900 lumen).



Lampu Tubular Lamp (TL) 
Lampu ini adalah jenis lampu yang paling banyak dipakai untuk aquascape. Dengan jenis silinder memanjang bisa berikan keuntungan penyebaran sinar dengan cara rata keseluruh pojok aquarium. Tetapi lampu ini memiliki ukuran yang cukup besar, hingga banyak mengonsumsi tempat bagian atas aquarium bila dipakai di aquarium high light. Ukuran umum lampu TL = 18 watt (60cm, 1300 lumen), 36 watt (120cm, 3250 lumen).



Lampu Metal Halide (MH) 
Jenis lampu ini pas digunakan pada aquascape yang mempunyai kedalaman atau ketinggian kaca yang lebih dari 60cm. Lantaran lampu ini memiliki intensitas lumens tertinggi dibanding jenis lampu yang lain. Tetapi perlu diingat bahwasanya kemampuan lumens lampu ini terlalu fokus di area pas di bawah lampu, hingga membutuhkan perhitungan yang pas untuk memastikan jumlah lampu Metal Halide yang bakal dipakai. Ukuran umum lampu Metal Halide = 70 watt (5500 lumen), 150 watt (12. 000 lumen) serta 250 watt (20. 000 lumen).