Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Merwat Ikan Mas Koki



Tips Cara Merwat Ikan Mas Koki (akuariumhiasku) | Siapa yang tidak kenal dengan ikan mas koki, ikan yang gendut serta lucu ini memanglah salah satu di antara ikan favorit para pecinta ikan hias.Namun pada saat pemeliharaan dan perawatan ada beberapa faktor yang harus di perhatikan di antara lain adalah Penggunaan gelembung udara lantaran ikan koki benar-benar memerlukan oksigen dalam akuarium, namun dalam memilihnya jika meletakan akuarium diikamar usahakan membelinya yang ukuran kecil supaya tak berisik serta tak mengganggu waktu tidur.


Ikan koki benar-benar memerlukan gelembung udara maka akuarium mesti ada air pump (penghasil gelembung udara akuarium). Bila memakai beragam hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dulu hingga betul-betul bersih serta air tak keruh.

Beri makan cukup 1x satu hari serta janganlah terlampau banyak (tergantung jumlah ikan yang dipunyai) supaya ikan lebih agresif.

Biofiltrasi 
Teknik biofiltrasi yg baik datang dari pengagum ikan koi. kunci dari teknik ini. Yakni penggunaan media filtrasinya. diantara media paling baik yakni memakai matt sintetis buatan jepang, yg saat ini banyak dijumpai di toko ikan hias.
Manfaat dari media ini bisa lakukan penyaringan kotoran ikan serta menahannya, hal semacam ini bisa merangsang perubahan dari bakteri nitrobacter didalamnya. Aerasi yang dipakai harus cukup banyak dan saat biofilter itu telah jalan, maka environment akuarium/kolam ikan itu sudah jadi stabil.

biofilter


jika sudah menggunakan air tidak perlu lagi terlalu sering mengganti air cukup menambahkan volome airnya saja jika di rasa sudah mulai berkurang biasanya cukup 1 minggu sekali, namun untuk pengurusan sebisa mungkin di lakukan setiap 1 bilan sekali.

Pada saat menguras akuarium sebelum saat dibuang ambillah dulu sekitar satu gayung air yang ada di akuarium. Lalu ambillah ikan koki memakai serokan ikan (janganlah gunakan tangan). 
Tempatkan ikan di air akuarium yang telah di ambil dalam gayung, lalu bersihkan akuarium dapat dengan sikat atau spon pembersih.
Bila telah selesai, isi kembali akuarium dengan air baru, lalu masukkan ikan koki berbarengan dengan air yang tetap ada di gayung tadi. Hal semacam ini untuk menghindar ikan koki stress serta agar dapat cepat penyesuaian lagi. Ulangilah beberapa langkah di atas dengan cara berkala serta teratur.