Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Ikan segar

3 Cara Memilih Ikan segar (akuariumhiasku) MEMBELI ikan segar sering kali Anda ditipu oleh para penjualnya, ikan yang dibeli tidak segar. Padahal, dari tampak kasat mata ikan sangat segar.

Dalam membeli ikan, Anda diwajibkan jangan pernah malu untuk memeriksa kondisi ikannya, pastikan periksa ikan sebelum membelinya. Melalui sentuhan akan memberikan petunjuk soal kesegaran ikannya.

Nah, berikut ini ada beberapa cara menentukan kesegaran ikan seperti dilansir Foxnews:



Bagian mata
Mata merupakan titik awal dalam membeli ikan. Ikan yang memiliki mata berawan merupakan indikasi bahwa ikan masih segar, mata ikan pun harus terlihat melotot.

Mata yang cekung menandakan bila ikan dehidrasi, yang berarti ikan terlalu banyak di es batu daripada di air.

Bau
Ikan segar tak menimbulkan bau busuk, bau khas ikan tak bisa ditutupi walaupun diberi formalin maupun bahan kimia. Jika ke pasar dan menghembus pertama Anda bau ikan kemudian maka makanan laut tidak segar. Ikan segar harus bau laut dan memiliki aroma yang hampir asin.

Kulit
Ikan yang segar punya warna yang mengkilau sekaligus menandakan ikan sehat dan segar. Sentuh daging ikan saat membelinya. Jika daging ikan dan kulit saat ditekan tidak bangkit kembali, maka jangan beli ikannya.

sumber : okefooddotcom