Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ikan Monodactylus


Ikan Monodactylus (akuariumhiasku) | Mempunyai daerah persebaran yang benar-benar luas. Ikan ini ditemukan di Laut Merah, di sepanjang pantai Australia, Afrika Timur, serta di semua Asia Tenggara. Umumnya ikan ini ditemukan berkelompok dibagian muara yang dangkal, pantai berkarang. Ikan yang dewasa umumnya tinggal di pesisir sedang ikan muda tinggal di perairan tawar atau payau.



Set-up Akuarium 
Silver moony yaitu ikan yang berenang di seluruhnya massa akuarium. Disarankan untuk memeliharanya dalam kelompok, sekurang-kurangnya ada tiga ekor ikan dalam satu kelompok. Akuarium yang memiliki ukuran besar juga dianjurkan mengingat ikan ini bisa tumbuh besar. Sebagian orang pelihara ikan ini dalam keadaan tawar walau sebenarnya ikan ini yaitu ikan air payau. Supaya keadaan kesehatannya lebih terjaga, baiknya ikan ini dipelihara dalam keadaan payau lewat cara mencampurkan garam laut atau air laut ke dalam akuarium. Ikan ini  paling baik saat dipelihara dalam keadaan penuh air asin. Substrat yang dipakai bisa berbentuk pasir halus atau kerikil. Siapkan banyak daerah terbuka untuk tempat berenang. Potongan akar serta driftwood benar-benar pas untuk dekorasi untuk ikan ini.


Pakan 
Silver moony yaitu ikan omnivora yang mempunyai nafsu makan besar. Di alam liar ikan ini mengonsumsi beragam materi tanaman, detritus, serta serangga. Walau didalam akuarium ikan ini bisa di beri pakan kering, upayakan untuk berikan pakan beragam yang terbagi dalam pakan hidup serta pakan beku seperti brine shrimp atau bloodworm. Pakan dari sayuran dapat juga diberikan, seperti bayam, selada, kacang polong, serta ganggang.



Kompabilitas 
Dianjurkan untuk memeliharanya dengan cara berkelompok dengan jumlah lima ekor ikan dalam satu grup, tetapi tiga ekor ikan juga cukup. Silver moony yaitu ikan yang pendamai tetapi sesekali ikan ini bertengkar dengan sesamanya. Ikan ini dapat meningkatkan system hierarki dalam grup mereka, di mana ikan yang semakin besar serta lebih dominanlah yang makan terlebih dulu. Pada ikan yang lain ikan ini berbentuk pendamai, hingga ikan ini bisa dipelihara berbarengan spesies ikan payau yang lain seperti scat, buntel, archerfish, atau indodats. Silver moony di ketahui akan mengonsumsi ikan yang lain yang lebih kecil semudah ikan ini diintimidasi oleh ikan yang lain yang semakin besar, hingga janganlah pelihara ikan ini dengan ikan yang memiliki ukuran jauh semakin besar. 

Info 
Silver moony yaitu satu diantara ikan hias yang mempunyai wujud badan yang menarik. Badannya serupa sekali dengan ikan manvish, cuma saja tiada pectoral filament dan mempunyai sirip pelvis yang lebih tidak tipis. Ikan ini kerap dimaksud dengan nama ikan mono di Indonesia. Di pasar ikan hias ikan ini di jual dengan harga Rp. 15. 000, - per ekornya.