Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Hama Keong pada Aquascape

1. Memberantas dengan Ikan Puffer 
Ikan Puffer yaitu predator alami untuk hama keong, Ikan Puffer atau mungkin yang akrab dikatakan sebagai ikan buntal ini banyak diambil oleh pengagum aquascape lantaran kemampuannya memusnahkan keong dalam tanki aquarium anda. Tetapi kekurangan dari ikan ini yaitu dia akan mengonsumsi sebagian spesies udang yang ada pada aquarium anda, jadi jika populasi keong sudah habis maka baiknya anda selekasnya keluarkan ikan puffer ini atau mungkin mengisolasi nya di ruangan terpisah supaya tak mengakibatkan kerusakan aquascape yang sudah anda buat.



2. Memakai Keong Predator 
Langkah yang satu ini dapat direferensikan untuk yang mau menangani hama keong dalam aquascape, sama sesuai perihal ikan Puffer. Keong Predator atau mungkin yang dimaksud dengan Snail Killer ini bakal menggunakan hama keong dalam tanki aquarium anda sampai selesai bahkan juga bakal mencari sampai ke sela-sela batu maupun tanaman dalam tanki aquarium anda.



3. Menjebak Keong 
Bila anda mau menangani keong tanpa ada memakai hewan lain, anda dapat lakukan penjebakan keong yakni dengan jalan letakkan piring dalam posisi terbalik di bagian bawah tanki aquarium anda lalu tempatkan sepotong mentimun dibagian atas piring anda lantas matikan lampu peneranga, sebaiknya anda kerjakan ini ketika malam hari supaya system ini dapat jalan dengan optimal. Nah pada esok harinya anda dapat menyalakan lampu penerangan serta mengangkat piring beserta mentimunnya lantaran ketika itu keong bakal melekat serta turut terangkat berbarengan mentimun anda.

4. Memakai cairan kimia Snail killer 
Tetapi yang ditakutkan dari cairan ini yaitu dampak periode panjang yang dihasilkan dapat memengaruhi konsentrasi air dalam tanki aquarium anda.
Sesungguhnya di antara seluruhnya langkah menangani hama keong dalam aquascape yang dibicarakan di atas, ada langkah yang lebih efisien yakni memunguti keong dengan tangan waktu populasinya belum terlampau banyak.