Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Budidaya

 Cara Membuat Kolam Terpal (akuariumhiasku) | Anda tertarik dengan budidaya ikan?? Tetapi masih bingung dengan pembuatan kolam ikan lantaran sebagian hambatan umpamanya ; halaman kosong tak demikian besar, serta memperhitungkan cost pembuatan kolam ikan. Satu diantara pemecahannya yaitu pembudidayaan ikan di kolam terpal, langkah tersebut sangatlah praktis serta fleksibel.

Supaya lebih jelas apa sih sesungguhnya kolam ikan terpal serta bagaimana caranya pembudidayaan ikan di kolam ini, simak penuturannya :

kolam ikan terpal yaitu wadah atau mungkin kolam yang terbuat berbahan plastik yang umum dimaksud dengan terpal, umumnya dipakai juga sebagai penutup pada tenda. Terpal untuk kolam ikan yaitu terpal yang di buat di mana pada tiap-tiap sambungannya dikerjakan sistem pres terlebih dulu, hingga terpal yang dipakai untuk kolam tak alami kebocoran.

Banyak argumen kenapa beberapa pembudidaya ikan lebih pilih menggunakan kolam terpal sebagai wadahnya. Praktis, lantaran kolam terpal dapat di bangun dimana saja, sesuai sama tempat yang ada, Fleksibel, lantaran kolam terpal dapat dibongkar gunakan, tak seperti kolam biasanya. Cost yang diperlukan untuk pembuatannyapun sangatlah murah, lantaran tak memerlukan bahan bangunan seperti batu-bata, semen serta lain sebagainya.

Ada tiga jenis kolam terpal yang dapat jadi pilihan, yakni : kolam terpal yang pembuatannya tak perlu menggali tanah, kolam ada di atas permukaan tanah, kolam terpal yang ada dibawah tanag, pembuatannya lewat cara menggali tanah, serta yang paling akhir kolam yang telah ada atau mungkin beton yang dilapis terpal.

Langkah Membuat Kolam Terpal 

Langkah bikin kolam terpal yang posisinya ada di atas tanah bakal tidak sama lewat cara pembuatan kolam yang ada didalam tanah, untuk lebih detilnya berikut ini langkah-langkah pembuatan ke-2 type kolam itu :

1. Kolam Terpal Di atas Tanah 

Untuk bikin kolam dapat sesuai dengan tempat yang ada, tetapi butuh memerhatikan banyak hal serta menyiapkan bahan-bahannya, seperti :



Kolam tak ada dibawah pohon langsung tetapi juga janganlah disimpan di tempat yang terlampau tebuka. Tentukan tempat yg tidak demikian rindang juga tak terserang matahari langsung.
Bila kondisi tidak memungkinkan, Anda dapat membuat atap yang menutupi beberapa atau mungkin 1/2 dari kolam.


  • Siapkan terpal dengan ukuran yang sesuai sama ukuran kolam yang diperlukan. 
  • Bambu-bambu dan kayu juga sebagai penyangga. Potong bambu dengan ukuran 2, 2 mtr. lebih kurang jadi sepuluh potong, ukuran 3, 2 mtr. sejumlah sepuluh belahan. 
  • Kayu dipakai juga sebagai patok. 
  • Paku, serta kawat. 


Langkah membuatnya

Sesudah beberapa bahan telah ada, ratakan terlebih dulu tanah yang bakal jadikan tempat kolam terpal.
Tancapkan patok di empat pojok dengan ukuran panjang 3m. serta lebar 2m. atau mungkin cocokkan dengan panjang, lebar serta tinggi kolam.

Gunakan belahan bambu untuk sisi lebarnya dengan memakai paku.
Sedang bambu untuk bagain panjangnya dipasang rapat supaya kuat.
Setelah rangka usai, gunakan terpal dengan membuat sisi empat di dalam rangka.
Pada tiap-tiap ujung terpal dihubungkan kepatok serta diikat dengan kawat yang kuat.
Kolam telah dapat dipakai serta berisi air.

2. Kolam Terpal di Dalam Tanah 

Kolam terpal dengan type ini, banyak direferensikan lantaran semakin dapat menstabilkan suhu pada hawa dibanding dengan kolam bambu atau mungkin besi (knockdown). Berikut ini ini tahapan-tahapan pembuatannya :



Yang pertama mesti dikerjakan yaitu menggali dengan ukuran kolam yang di cocokkan dengan ukuran yang telah ditetapkan dengan kedalaman 50cm.
Setelah menggali, tanah hasil galiannya dimasukkan ke sak atau mungkin kantung-kantung plastik, kantung ini diletakkan di tiap-tiap bibir-bibir kolam dengan ketinggian lebih kurang sekitar 40-50 cm. sak ini bakal bermanfaat untuk dinding penahan terpal kolam.
Padatkan hingga tanggul jadi kuat.
Gemburkan tanah yang di dalam lalu campur dengan air, tetapi janganlah terlampau banyak, lantaran bakal menyulikan sistem penggemburan.
Gundukan tanah dapat di buat dengan posisi sedikit agak miring, hal semacam ini dapat kurangi kemungkinan longsor pada saat musim hujan datang.
Atur segi kolam sisi dalam supaya rapi serta hindari ada tonjolan disebabkan akar tanaman.
Pada sisi permukaan tanggul di beri batu bata
Pada dasar kolam diberi sekam untuk menetralkan suhu tinggi pada saat terserang cahaya matahari.
Terpal siap dipasang lalu di isi air.