Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Di Kalimalang Berubah Hitam

Air Di Kalimalang Berubah Hitam (akuariumhiasku) | Warga seputar bantaran Kalimalang berebut mencari ikan yang hampir mati disebabkan pergantian warna air kali. Ikan itu disangka turut tercemari limbah.



Sepanjang Kalimalang dari arah Cipinang Melayu sampai dengan Duren Sawit, beberapa puluh orang mulai sibuk mencari ikan. Mereka turun ke pinngir kali yang berubah warna jadi hitam, dengan peralatan pancing sederhana, jaring serokan, keranjang, serta yang lain.



" Ini ikannya mudah di tangkap lantaran pada mabuk, " tutur satu diantara warga, Tikno, Selasa (30/9/2014).

Tidak cuma ikan, warga juga bisa dengan gampang menangkap udang. Hasil tangkapan dihimpun ke botol minuman sisa. Gagasannya, hasil tangkapan itu bakal dikonsumsi sendiri oleh warga.

" Telah bisa udang sama ikan. Saya lagi mencari ikan gabus serta sapu-sapu. Lumayan buat makan siang digoreng, " terang Warga Duren Sawit itu.

Bahkan juga warga meyakini mitos bila udang telah bisa di tangkap, ikan-ikan lain yang berkualitas akan keluar dengan sendirinya. " Ini bila seperti gini di Kalimalang, mitosnya bila telah nampak udang, bakalan ada bandengnya, " seloroh warga lain, Saifudin.

Pada awal mulanya, aliran kali pemasok air ke PAM (Perusahaan Air Minum) untuk orang-orang kota Jakarta serta sekitarnya itu mendadak beralih warna. Dari umumnya berwarna coklat bening beralih jadi hitam pekat. Disangka air itu tercemari limbah perusahaan