Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ikan Hias Laut Langka Dengan Keindahan Tiada Tara

Ikan Hias Laut LangkaIkan Hias Air Tawar. Ikan-ikan baik itu ikan air laut maupun ikan air tawar biasanya senantiasa dijadikan sebagai satu diantara hidangan yang lezat serta bergizi untuk manusia, di mana ia termasuk juga dalam kelompok 4 sehat 5 sempurna. Ikan-ikan terdiri dari kelompok-kelompok, misalnya ikan hias, ikan yang kerap dikonsumsi manusia serta ada juga ikan-ikan buas yang perlu dijauhi keberadaannya. Tetapi di antara kesemuanya itu, terdapat banyak type ikan yang saat ini keberadaannya amat sedikit sampai sampai type ikan ini masuk ke dalam kelompok ikan langka serta mulai punah. 


Tenyata ada ikan jaman prasejarah yang dapat bertahan atau masihlah ada sampai saat ini. pastinya ikan-ikan ini sudah lolos dari seleksi alam serta masihlah tersisa serta hidup sampai saat ini, yang lebih menarik yaitu faktanya ikan-ikan ini pada kenyataannya merupakan ikan-ikan yang memiliki bentuk yang cukup aneh, segera saja berikut ini daftar ikan-ikan jaman prasejarah yang masih hidup atau ada sampai saat ini, meskipun keberadaannya sangat jarang ditemui oleh manusia :



Ikan Hias Laut Langka





terdapat banyak type ikan yang saat ini keberadaannya amat sedikit sampai sampai type ikan ini masuk ke dalam kelompok ikan langka serta mulai punah.



Ikan Hias Laut Langka
Freshwater Sawfish


Freshwater Sawfish (Pristis microdon) adalah satu diantara ikan predator yang masuk ke dalam kelompok ikan hias laut langka, serta ikan laut yang sudah menyesuaikan diri dengan perairan air tawar. Ikan ini hidup di lautan indo-pasifik, yakni Australia, Kalimantan, Papua, Vietnam, India, Madagaskar serta Afrika Timur. Spesies ini di kenal bisa tinggal jauh dibagian dalam sungai termasuk juga danau serta kolam. Pada musim hujan (Desember-Maret), ikan ini bakal hidup di sungai air tawar sedang pada musim kering (Mei-Oktober), ikan ini lebih menyukai untuk tinggal di muara atau teluk yang mirip habitat air laut. Mulai sejak th. 2006, IUCN sudah mengambil keputusan status “critical endangered” untuk ikan type ini, sebab jumlah populasinya yang selalu mengalami penurunan. Sangat banyak aspek yag menjadi penyebab penurunan populasi ikan ini, salah satunya yakni : penangkapan ikan hias laut langka untuk dijadikan ikan hias laut aquarium, akitifitas manusia pada sungai serta laut seperti pembuangan limbah, pertanian serta tingkah manusia yang menangkap ikan ini cuma untuk mengambil moncongnya saja. 



Ikan Hias Laut Langka
Pirarucu


Pirarucu atau Arapaima adalah ikan dari genus dari bonytongue yg datang dari Amazon & Essequibo di Amerika Selatan. Berbeda dari sebelumnya yang merupakan ikan hias laut langka,  ikan hias langka air tawar ini merupakan ikan air tawar terbesar di Amerika Selatan, & diantara ikan air tawar terbesar di dunia. Pirarucu mampu meraih panjang hingga lebih dari 2 mtr., dalam sekian banyak hal mengagumkan bahkan juga telah diketemukan yg memiliki ukuran kian lebih 2,5 mtr. & dgn berat hingga mencapai 100 kg. Ikan hias langka air tawar ini merupakan satu diantara tipe ikan yang menjadi makanan yg paling di cari di Amerika Selatan, & mengakibatkan, Pirarucu yg besar nya kurang lebih 2 mtr. sangat jarang diketemukan di alam liar saat ini. 

Pirarucu memiliki ketergantungan mendasar pada udara permukaan buat bernapas. Selain insang, ikan ini memiliki gelembung renang yg mirip jaringan paru-paru, yang berfungsi memungkinkan ikan hias langka air tawar ini buat mengekstrak oksigen dari udara. Ini adalah penyesuaian pada keadaan di dataran Amazon, namun Pirarucu akan naik ke permukaan buat merasakan udara dalam tempo 5 sampai 15 menit. Kecenderungan untuk tinggal di permukaan inilah yg membuat ikan hias langka air tawar yang juga bisa menjadi ikan hias laut langka ini lebih rawan pada serangan dari penangkap ikan dengan tombak.  



Ikan Hias Laut Langka
Napoleon


Ikan Napoleon yakni satu diantara ikan hias laut langka yang termasuk ikan karang besar yg hidup pada daerah tropis. Panjang ikan hias laut langka ini mampu mencapai hingga 1. 5 m. & demikian banyak ikan dapat mencapai ukuran sampai 180 kg pada usia 50 th. Kehidupan hewan ini rata-rata sama berkelompok bersamaan dengan ikan karang lain yg hidup melalui cara soliter. Satu diantara kekhasan ikan hias laut langka ini adalah lingkar bola matanya yg dapat melihat arah sisi pandang sampai 180 derajat. Umumnya ikan ini berenang dengan cara sendiri-sendiri mencari makan didaerah dekat karang, karena makanannya yg berbentuk secara banyak kelompok molusca & krustasea, betul-betul banyak ada pada daerah seputar karang. Ikan hias laut langka ini mempunyai pola reproduksi yg hermaphrodite. 

Biasanya ikan hias laut langka ini lahir yang disebut hewan jantan & akan berpindah jadi betina saat mendekati dewasa. Ikan Napoleon banyak ada di Kepulauan Anambas, Pulau Laut Natuna & kurang lebih dekat ke Laut China Selatan. Ikan ini jadi ikan karang paling mahal yang juga menjadi ikan hias laut termahal yg banyak ditangkap oleh beberapa penangkap ikan & di ekspor ke luar negara. Harga satu ekor ikan Napoleon dapat mencapai satu jutaan. Beberapa penangkap ikan menjadikan ikan Napoleon sebagai penopang hidup yg menjanjikan. Saat ini ikan Napoleon sudah dibudidayakan oleh warga setempat dan banyak dijadikan sebagai ikan hias laut langka. 




Ikan Hias Laut Langka
Sand Devil


Sand Devil bila disimpulkan adalah setan pasir, nama ini cukup aneh bukan? Serta memiliki nama lain yakni angel shark. Ikan hias laut langka ini adalah type ikan hiu dari keluarga Squatinidae yg diketemukan di ujung benua subtropis & lereng sol bidang atas Atlantik Barat. Tidak ada yg tahu kenapa ikan hias laut langka ini memperoleh nama unik, 'sand devil' juga 'angel shark'. Yg pasti dua nama itu tdk terkait dengan kebiasaan dari ikan ini. Tidak seperti rata-rata ikan hiu yg kita ketahui, angel shark tidak agresif, serta ikan hiu setan pasir ini tak menyerang, terkecuali jika ikan ini telah merasa terganggu. Gigitan dari ikan hias laut langka dapat mengakibatkan luka kronis, lantaran giginya begitu runcing. Nama ikan hias laut langka ini memiliki nama ilmiah yaitu Squatina dumeril. Ikan hias laut langka ini mempunyai bagian berbentuk taring pada moncongnya. Serta Makanan yang dimakannya yaitu ikan-ikan kecil, krustasea & hewan bercangkang dua. Nah Sand Devil ini adalah satu diantara Type Ikan Langka didunia menjadikannya ikan hias laut langka yg cukup mahal.



Ikan Hias Laut Langka
Coelacanth


Dari nama ikan hias laut langka ini merupakan urutan ikan yang dipercaya sebagai spesies tertua gnathostomata. Hingga akhir 1930-an saat Coelacanth yang diketemukan di satu sungai di lepas pantai timur Afrika Selatan, ikan ini dipercaya sudah punah. Hebatnya mulai sejak kembali temukan awal 30-an ikan laut langka ini sudah tampak di beberapa negara lain termasuk juga Tanzania, Mozambik serta Komoro. Sesaat Coelacanth 'pasti sudah tampak selama era paling akhir mereka tetap masih satu diantara ikan paling langka di kehadiran ikan hias laut langka. 

Coelacanth merupakan ikan besar dan sering beratnya hingga mencapai 80 kg atau lebih serta bisa mencapai panjang kurang lebih 2 mtr.. Mata itu, seperti hal nya yang terdapat pada makhluk laut dalam, begitu peka serta ikan hias laut langka ini membuat rutinitas yang tersisa di kedalaman 100 hingga 400 mtr. sepanjang hari, walaupun mereka di kenal juga datang ke kedalaman hanya 60 meter atau lebih. sepanjang malam. 



Ikan Hias Laut Langka
Borna Snakehead


Ikan hias langka air tawar ini dikenal juga sebagai Chel Snakehead, ikan hias langka air tawar ini merupakan ikan air tawar yang begitu langka yang disebut sisi dari keluarga Channidae. Ikan ini condong tumbuh dimana saja dari 20 jadi 25 cm panjangnya serta eksklusif bisa diketemukan di satu ruang di utara Bengal, India. Kondisi air dimana Borna Snakehead keturunan biasanya ditemukandi lokasi dengan suhu 25 derajat Celcius, serta sepanjang periode hujan lebat yaitu mungkin saja walau tidak sering untuk bisa menemukan anak-anak Ikan hias langka air tawar di daerah banjir. 

Ikan hias langka air tawar ini mungkin saja tak bisa disamakan dengan kehebatan seperti Coelacanth atau hiu bermulut besar dalam ukuran atau keelokan semarak. Namun makhluk ini sudah termasuk ke dalam daftar sebagai satu diantara ikan paling langka di dunia. 



Ikan Hias Laut Langka
Megamouth Shark


Satu diantara hewan paling langka di kehadiran Hiu bermulut besar hanya dapat dilihat beberapa kali, dengan penemuan awal yang hanya dikerjakan kurang dari 35 th yang lalu, cuma ada 3 rekaman hiu ini yang diketahui ada. Ikan laut langka ini mengintai di perairan dalam dingin di kedalaman yg tidak dikunjungi oleh manusia atau mesin. Hiu ini agak seperti hiu paus serta Basking Shark dalam artian kalau ia menggunakan mulutnya yang besar untuk menyaring makanannya. Dimana makanan ikan laut langka ini terbagi dalam ubur-ubur serta plankton. 

Hiu bermulut besar bisa tumbuh sampai 6 mtr. serta mungkin saja lebih, lantaran kurangnya info mengenai hewan ini. Ada laporan bahwa makhluk ini beratnya kurang lebih 1200 kg. Feature fisik hiu ini relatif tak di ketahui lantaran kurangnya spesimen untuk belajar namun biasanya mereka mempunyai atasan hitam/dibalut dengan perut putih. Mereka jelas disadari karena mulut yang besar yang menyembunyikan gigi yang relatif kecil. Anda bisa menjadikannya ikan hias laut langka, kalau anda mau.



Reff :
seputarikan.com
situshewan.com