Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Ikan Nila Dengan Kolam Terpal


Budidaya Ikan Nila Dengan Kolam Terpal (akuariumhiasku) | dengan menggunakan pekarangan rumah bila dikerjakan dengan cara benar bisa membuahkan keuntungan. Seperti yang kita tau,  Ikan nila merupakan salah satu diantara banyak pilihan yang disukai pengagum ikan air tawar.  Diluar itu tak seluruhnya daerah bisa beroleh ikan laut dengan gampang, nah satu diantara alternatif yaitu ikan air tawar. Ikan nila mempunyai nilai gizi tinggi dan juga adalah jenis ikan yang mudah untuk dipelihara.
Budidaya ikan nila bisa dikerjakan di pekarangan rumah, dengan memakai media terpal. Langkah tersebut benar-benar murah serta juga gampang dikerjakan. Dapat pula jadikan alternatif buat membudidayakan ikan lain tak hanya ikan nila, seperti ikan lele, ikan mas, atau juga ikan hias. Baik pemula maupun peternak ikan yang telah professional bisa mencoba budidaya ikan nila memakai media terpal.
Pembuatan kolam nila memakai terpal ini tidaklah terlalu sulit, dan sudah pasti biayanya lebih murah apabila dibanding kolam yang di buat memakai beton (kolam permanen).

Langkah membuat Kolam Budidaya Ikan Nila Dengan Terpal

Bahan :


  • Terpal (ukuran sesuai sama dengan hasrat anda) 
  • Sekam 
  • Batako/Bata Merah 



Langkah pembuatan kolam terpal 

  • Mencari posisi tanah yang segera terkena cahaya matahari serta cukup luas untuk pembuatan kolam. 
  • Gali tanah sesuai sama dengan luas kolam yang anda kehendaki dengan kedalaman ± 50 cm. 
  • Tanah hasil galian tadi dipakai untuk tanggul di segi kolam serta dipadatkan agar tanggul itu kuat lalu permukaan tanggul di beri batako/bata merah agar permukaannya rata. 
  • Sesudah penggalian usai, setelah itu basic kolam di beri sekam secar rata. 
  • Terpal siap dipasang serta di isi air. 

Di atas terpal di beri batako/bata merah agar aman serta rapi. Hal semacam ini ditujukan juga agar terpal tak mudah bergeser, terlebih waktu angin berhembus lumayan kencang.



Budidaya ikan nila membutuhkan kwalitas air yang bagus
Sesudah kolam terpal jadi, hal yang perlu di perhatikan dalam budidaya ikan nila yaitu air. Sumber air yang bakal kita pakai sebaiknya air yang bersih, bisa berbentuk air sumur, air PAM,atau air hujan yang ditampung. Lebih baik lagi bila kolam terpal memperoleh pasokan dari sungai, saluran irigasi, waduk, atau danau.
Anda tertarik coba budidaya ikan nila? Tidak ada salahny anda coba tehnik kolam terpal, tak hanya murah, dan dapat dikerjakan dipekarangan rumah, tapi juga hasil panen ikan tidak berbau lumpur. Selamat coba tehnik budidaya ikan nila memakai kolam terpal.