Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan CAE dan Ikan SAE Ikan Ikan Yang Suka membersihkan Lumut dan Alga Yang Menempel Pada Kaca Akuarium

Ikan Yang Suka membersihkan Lumut dan Alga Yang Menempel Pada Kaca Akuarium | Aquascape kita juga bakal indah dilihat bila keadaan tanaman subur bebas alga serta lumut2 yang menutupi daun. Namun di mana ada tanaman serta cahaya lampu yang cukup pastilah tumbuh yang namanya alga serta lumut, Karena memang ke-2 hal tersebut pemicunya. Dan Kaca aquarium jadi kusam dengan lumut2 hijau yang lama kelamaan bakal penuhi permukaan kaca hingga mengaburkan pemandangan pada aquascape kita.. kesal??
Ya memanglah cukup mengesalkan bila kita mesti turun tangan sendiri bersihkan lumut-lumut dan alga-alga, dan hal ini cukup mengambil waktu kita.. Bila dahulu kita mengetahui ikan sapu sapu yang rajin bersihkan kaca namun kurang efisien membasmi alga serta lumut, serta selain itu penampilannya juga kurang cocok dengan aquascape kita yang indah... hehehe.. kasian ikan sapu2 turun derajat... hehehe..



Nah.. untuk 2 hal tertulis diatas yakni alga dan lumut saya mempunyai dua type ikan favorite yang rajin banget mengonsumsi alga serta lumut yang nempel didaun2.. serta penampilannya juga cuantik ngga seperti sapu2 yang sdh ketinggalan fashion hehehehe...

Ikan itu namanya Ikan CAE (Chinese Alga Eater) atau kerap dimaksud juga Lemon Alga Eater yaitu sejenis ikan Herbivora, ikan ini spesial pemakan lumut ukuran di alam liar dapat mencapai 28 cm, namun bila diakuarium paling optimal 10-20cm. Warna ikan ini kuning serta putih atau putih kekuning-kuningan. Ikan ini termasuk juga ikan damai namun jail lantaran paling suka mengganggu/mencolek ikan yang lain, serta sukai hinggap di ekor ikan2 yang besar ukurannya seperti mas koki.

Nih.. gambar Ikan CAE yang lagi repot bekerja dengan seragam kuningnya.. hehehehe..



Ikan herbivora favorite saya yang ke-2 yaitu Ikan SAE (Siamese Algae Eater), termasuk juga ikan yang sangatlah gampang dipelihara, sepanjang banyak tanaman pasti ikan ini bakal sehat terlebih bila sangat banyak moss, dapat buat makanan ringan hariannya.. dijamin Ikan SAE bakal gendut.

Ikan ini sangatlah agresif mengonsumsi lumut serta alga hingga bagus untuk dipelihara di aquascape kita yg kondisinya telah kronis alga serta lumutnya. Selain lumut serta alga ikan ini dapat mengonsumsi pakan ikan yang lain seperti pelet maupun cacing beku.

Sayangnya kekurangan ikan ini jika kehabisan stock alga serta tak di beri pakan ikan yang lain, jadi sasarannya yaitu lumut serta moss yang kita tanam bakal dilahap. Tak disarankan pelihara kian lebih satu lantaran ikan ini termasuk juga ikan teritori, jadi juga bakal berantem bila ada saingan dalam satu akuarium. 

Penampakan Ikan SAE yang rada gendut di aquascape saya, lantaran sangat banyak moss yang subur.



Sesungguhnya ada banyak ikan pemangsa alga serta lumut yang lain seperti Otocynclus Afinis, Homaloptera orthogoniata, plecostomus atau pleco atau ikan sapu sapu, Botia sang predator keong serta ada banyak yang lain lagi. Namun agar bagus tampak estetikanya baiknya memelihara 2 type saja, agar ngga seperti pasar malam.. soalnya ikan pemakan lumut umumnya kurang enak dilihat lantaran sifatnya yang pasif serta style berenangnya yang seperti sopir bajaj.. selonong sana selonong sini...hehehehe...

Semoga informasi