Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Mas Koki


Persiapan 
Budidaya ikan mas koki dapat ditangani di akuarium. Ukuran akuarium yang dapat digunakan panjang 80 cm lebar 40 cm dan tinggi 40 cm. 

Jumlah akuarium yang dapat digunakan bisa 4 buah akuarium. Wadah akuarium yang bisa digunakan untuk memijahkan induk mas koki terutama dahulu di isi oleh air dengan ketinggian 20 cm. Air didiamkan selama 1 hari. lalu di beri substrat seperti eceng gondok. Manfaat eceng gondok digunakan untuk tempelkan telur ikan koki dan untuk merangsang pemijahan. 

Seleksi induk 
Induk ikan yang bisa dipijahkan kondisinya harus sehat, lincah dan telah masak telur (gonad). 

Ciri induk jantan 
- Jika diurut dibagian perut bisa keluar cairan berwarna putih susu 
- Ada benjolan kecil warna putih pd tutup insang atau terkadang pd jari-jari pertama sirip dada 
- Bentuk dubur oval dan kecil 

Ciri induk betina 
- Jika diurut dibagian perut bisa keluar cairan kuning berupa telur ikan koki 
- Dibagian perut agak membesar 
- Bentuk dubur besar dan bulat 

Sistem pemijahan 
Induk yang bisa dipijahkan diseleksi dulu. perbandingan induk jantan dan betina yaitu 1 : 2. Sistem pemijahan bisa jalan dicirikan dng sama-sama berkejaran pd induk jantan dan induk betina. Induk bisa berhenti memijah jika telah keluarkan telur dan spermanya dan dicirikan dng tak sama-sama berkejaran lagi. 

Jika selesai memijah maka induk mas koki dipisahkan dari akuarium karena jika tak dipisahkan maka induk tsb bisa konsumsi telurnya sendiri 

Penetasan 
Sistem penetasan bisa jalan kurang lebih 2 - 4 hari. Jika telur ikan yang tak terbuahi bisa membusuk dan tidak lagi menetas sampai bisa mudah terserang oleh jamur. Suhu air pd akuarium kurang lebih 24-28 derajat celcius. akuarium juga perlu di beri aerasi untuk mensuplai oksigen. 

Setelah menetas larva terus mempunyai kandungan kuning telur sampai belum perlu di beri pakan. Setelah kuning telur habis larva bisa di beri saringan dapnia atau kuning telur ayam yang telah direbus. 

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Mas Koki"