Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium

Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium(akuariumhiasku) -Ikan arwana dapat hidup baik di akuarium. walau demikianlah, ikan tersebut dapat hidup baik di akuarium bila akuariumnya bisa beri dukungan kehidupan arwana. akuarium yg seperti apakah yg pas utk arwana? inilah panduan pelihara ikan arwana di dalam akuarium. 

A. Akuarium dan perlengkapan yg memenuhinya. 

berhasil tidaknya akuarium jadi yg nyaman utk ikan arwana, sangat dipengaruhi oleh kelengkapan sarana pendukungnya. 
Aerator. faedah aerator atau pompa udara yakni menyuplai udara ke di dalam air akuarium sekalian menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pernapasan ke luar dari akuarium. aerator disebutkan baik, apabila arus listrik yg menggerakkannya kecil, tetapi udara yg ditiupkannya relatif banyak. 
Heater dan thermometer. alat pemanas (heater) ini diperlukan pada waktu suhu air akuarium turun dng mencolok. tetapi alat pengontrol suhu air termometer juga dipasang di dalam akuarium. di area dingin, heater dan termometer ini sangat dibutuhkan. 
Filter. faedah filter atau penyaring air di dalam akuarium. filter ini bertindak utk menyedot air akuarium, menyaring dan mengembalikannya lagi ke di dalam akuarium di dalam kondisi bersih. 
Lampu TL. keberadaan lampu tl, tidak cuma menyinarkan cahaya, juga utk mempercantik penampilan akuarium. walau demikianlah, sinar lampu tl justru dapat mengakibatkan panas yg melebihi kepentingan. idealnya utk akuarium seluas 80 kali 40 cm memerlukan lampu tl berdaya 20 watt. 

Rajin kerjakan perawatan akuarium. tidak ingin'harus apabila anda terlanjur suka ikan arwana di dalam akuarium, anda harus rajin kerjakan perawatan. dng perawatan yg baik, maka penampilan arwana di dalam akuarium tampak sehat, fresh dan mengasyikkan. 

B. Pemberian makanan yg pas kepentingan arwana. 
Makanan utama ikan arwana di dalam akuarium yakni kelabang. walau demikianlah arwana jangan sampai terus-menerus di beri kelabang. sebaiknya divariasikan dng makanan lain. perumpamaannya : udang, kecoa, katak, lipan, kadal, maupun jangkrik. 

C. Pengontrolan dan penggantian air. 
Masing-masing hari anda harus mengontrol suhu dan ph air. adapun suhu air ideal utk ikan arwana kurang lebih 25-27 derajat celcius. jika suhu air dingin, lekas nyalakan heater hingga suhu air pas kepentingan. tetapi ph yg dikehendaki kurang lebih 6-8, 5. apabila ph terlalu rendah, maka tambahlah kapur kedalam akuarium. selain itu, sanitasi air perlu diperhatikan juga, silakan mengobati air akuarium dng malachite green, dng frekwensi 3 minggu sekali. 

Dan jangan sampai lupa, air akuarium juga perlu diganti. namun penggantiaa air dipilahkan jadi dua, yakni : 
penggantian air dng reguler masing-masing 2 hari sekali dng volume 10% dari seluruh volume air akuarium, serta 

Total penggantian air ditangani masing-masing 3 bln. sekali. apabila anda memakai air pam, sebaiknya ditinggalkan 24 jam terutama dahulu agar kandungan khlor mengendap dan setelah itu arwana baru dimasukan kedalam akuarium. 

D. Tatanan interior akuarium. 
kehidupan di dalam akuarium yaitu tiruan lingkungan hidup di alam bebas. oleh karena itu, perlu tatanan interior di dalam akuarium. tentang ini berarti menuntut apresiasi estetika, sampai perpaduan pd keindahan akuarium dng anggunnya ikan arwana sanggup menampilkan nuansa yg cocok. 

E. Tanaman air. 
Mengingat asal-muasal ikan arwana yg suka bersembunyi di bawah tanaman air, maka anda juga harus siapkan tanaman air. ada beberapa jenis tanaman air yg dapat dipilih salah satunya : vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma, pistia stratiotes, najas indica. 

F. Pasir batuan. 
Pasir digunakan sbg landasan peletakan batuan. sebaiknya anda memakai pasir sungai, yg terus bercampur dng humus. disamping itu, anda juga perlu berikanlah batuan dan karang-karangan. ukuran batu yg ideal berdiameter 3 mm. batuan tsb memiliki bermacam corak dan warna yg berbagai serta indah dipandang.

Post a Comment for "Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium"