Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Ikan Lele di Kolam terpal


Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal(akuariumhiasku)-Budidaya ikan lele di kolam ikan terpal hampir sama juga membudidayakan lele di kolam tanah, perbedan terdapat pada media serta tehnik pemupukan kolam lele. kolam ikan lele yg sangat baik yaitu kolam yang cocok pada lebar kolam dengan populasi bibit lele yg ditebar. Standart kapasitas kolam lele yaitu 100 ekor/ m3 (1m panjang x 1 m lebar x 1m tinggi air). Seluruh jenis lele (sangkurinag, dubo serta yang lain) bisa dipelihara di kolam terpal. 


Kelebihan memelihara ikan lele di kolam terpal diantaranya : 

  • Terpal gampang diperoleh, serta harga nya cukup murah.
  • Kerancuan dengan tanah yang tak di ketahui kualitasnya bisa dihindari. 
  • Kontrol air gampang diatur baik dari sisi mutu ataupun jumlah air. 
  • Meminimalisir hama yg kerap ada di permukaan tanah seperti berang-berang serta sejenis bakteri. 
  • Praktis dlm pemanenan lele. 

Langkah membuat kolam terpal budidaya ikan lele
kolam terpal ikan lele 
Pada mulanya kita harus membuat rencana terlebih tentang jumlah bibit lele yang dapat kita tebar, hal ini utk sesuaikan luas kolam yg dapat kita buat. Janganlah membuat kolam ikan lele terlampau besar maupun terlampau kecil. Sesudah kita meyakinkan jumlah ikan lele yang dapat kita pelihara kita telah dapat buat kolam terpal dengan perosedur berikut. 

Pertama gali tanah setinggi 1, 5 m dng luas 1 m utk 100 ekor lele. Sesudah tanah tsb digali tekan-tekan permukaan galian sampai rata, jauhkan kerikil, bebatuan serta benda keras yang lain dari permukaan galian kolam tanah. Semprot galian tanah tersebut dengan disinfektan sebagai tindakan sanitasi. Setalah disanitasi biarlah galian kolam tersebut selama tiga hari. 

Gunakan terpal seluaas galian yg kita buat, lebihkan terpal selebar 50 cm di tiap-tiap segi galian. Untuk menahan terpal yg dapat di isi air jadi kolam dapat menimbunnya dengan tanah atau dipancang dengan kayu. Terpal yang dipakai adalah terpal yang bisa bertahan selama 3 bulan. dalam rendaman air contohnya adalah terpal tenda atau terpal plastik kaca tidak tipis. 

Untuk membuat air awal kolam terpal ini ada dua langkah yaitu : 

  1. Air awal yang memiliki kandungan banyak plankton diperoleh dari kolam spesial untuk pembuatan air plankton, langkahnya tak hanya buat galian untuk kolam ikan terpal kita juga buat satu kolam tanah spesial untuk membuat air yang memiliki kandungan banyak plankton dengan langkah pemupukan. Adapun langkah-langkahnya : buat galian kolam dari tanah seluas yg dibutuhkan, isi kolam tersebut dengan kompos sapi dan biarlah selama 3 hari. Setelah itu isi kolam tersebut dengan air bersih (jangan air PDAM) serta biarlah lebih kurang selama 1 minggu sampai air beralih jadi kehijauan (berarti sudah banyak plankton untuk pakan ikan lele kedepannya). Air inilah yang dikuras serta dipindahkan ke kolam terpal. 
  2. membuat air plankton  di langsung dikolam terpal ikan lele. Langkahnya sesudah terpal dipasang isi dangan kompos sapi (feces sapi), biarlah selama 3 hari, setelah itu isi air bersih. Biarlah kolam terpal selama 1 minggu baru dimasukkanbibit lele. 

Dari ke-2 langkah pemupukan kolam ikan terpal di atas maka untuk ikan lele langkah yang sangat baik yaitu langkah pertama yaitu lakukan pemupukan air di kolam terpisah. Hal ini barangkali di karenakan plankton cuma baik untuk konsumsi bibit ikan lele, namun untuk lele yang telah besar lebih baik memakai pakan pelet. Berikan atap pada kolam ikan lele sangat disarankan, hal ini untuk menghindari kerancuan air hujan yang tidak baik untuk perkembangan ikan lele di karenakan air hujan memiliki kandungan asam.