Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Ikan Discus dan Penampakanya

Jenis Discus dan Penampakanya (akuariumhiasku ) | Penggemar Ikan Discus pasti sudah sangat tahu jenis dan kualitas ikan diskus yang bagus dan high grade atau diskus yang berdaya jual tinggi. Selain cantik indah dipandang diskus juga punya beberapa strain/ jenis berdasarkan corak, warna dan keturunan yang sekarang sudah sangat banyak akibat perkawinan silang dari induk yang berbeda. Tapi pada dasarnya ada beberapa  jenis yang sudah fixed strain yang sampai sekarang masih digemari dan biasanya dijadikan indukan yaitu diantaranya adalah : 


Ikan Discus RED ROYAL BLUE
(Stripped form, Thick Lines)
Coraknya klasik sehingga sering digunakan sebagai indukan untuk kawin silang, termasuk jenis Turquoise yang terbaik terbaik.




Ikan Discus SNAKE SKIN
(STripped form, fine lines)
Masuk dalam kelompok Stripped form, fine line karena corak garisnya yang tipis




Ikan Discus SNAKE SKIN KING COBRA
(Stripped form, fine lines)
Jenis snake skin yang unik karena garisnya berwarna biru membentuk lingkaran-lingkaran kecil sheingga tampak seperti lubang yang berwarna coklat




Ikan Discus BLUE DIAMOND
(Solid Blue)
Salah satu jenis diskus yang dianggap abadi karena selalu disukai konsumen di Asia, Eropa dan Amerika. Daya tariknya terdapat warna birunya yang indah dan cemerlang




Ikan Discus RED MELON 
(Solid Red)
Dengan warna merah seperti  semangka (Water melon), dan jenis ini cukup disukai dipasar lokal dan pasar ekspor seperti Jepang dan Eropa




Ikan Discus SAN MERAH
(Solid Red)
Termasuk diskus yang sangat diminati konsumen saat ini. Banyak digunakan oleh breeder sebagai induk untuk mendapatkan keturunan Red Melon.




Ikan Discus GOLDEN MARLBORO
(SOlid Yellow)
Sering digunakan sebagai induk dalam kawin silang untuk mendapatkan jenis Golden yanglebih baik, yaitu Golden dengan corak yangsemakin sedikit)




Ikan Discus LEOPARD SNAKE
(Spotted form)
Jenis diskus yang saat ini diminati konsumen di seluruh dunia dan harga pasarnya relatif tinggi, dibandingkan jenis diskus lainnya. Begitu terkenalnya jenis ini sehingga dijaidkan sebagai masterpiece diskus.




Ikan Discus MOZAIK LEOPARD
(spotted form)
Merupakan perkembangan Leoprad terbaru dengan corak yang berbentuk seperti huruf C atau O sehingga harganya lebih mahal dibandungkan Leopard biasa.




Ikan Discus WHITE DIAMOND
(Hybrid)
Jenis hybrid yang diminati para peternak diskus di Asia, sebagai indukan untuk  kawin silang. DIskus ini juga cukup disukai hobiis karena warnaya yang unik, putih dengan kepala berwarna kuning dan leingkaran mata yang berwarna putih.




Ikan Discus FIRE CRACKER
(hybrid)
Jenis hybrid dengan pangsa pasar belum luas, karena produksinya sangat terbatas. Penyebab lain, fire cracker belumj merupakan strain diskus yang fixed.




Ikan Discus HECKEL DISKUS
(wild form)
Diskus alam ini disukai konsumen di Asia dan Eropa walaupun pangsa pasarnya masih sedikit. Salah satu daya tariknya terletak pada bar ke 5 yang tampak jelas.

Semoga Informasi tentang Jenis Ikan Discus dan Penampakanya bermanfaat bagi para pembaca sekalian.