Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Tanaman Aquascape

akuariumhiasku-Jenis Tanaman Aquascape | Komponen utama dari aquascape adalah tanaman air. Tanaman air tak hanya untuk dekorasi alami juga bertindak dalam keseimbangan ekosistem dalam akuarium. Walstad (1999), menyampaikan bahwasanya manfaat dari kehadiran tanaman air didalam akuarium yakni membuat perlindungan ikan dari bahaya amonia serta logam – logam berat, mengontrol perkembangan alga, menstabilkan pH lantaran reaksi fotosintesis memerlukan asam (H+) yang banyak. Manfaat yang lain yakni sediakan oksigen dalam perairan, menambah kesibukan biologis seperti bakteri pendekomposisi dalam akuarium, kurangi karbondioksida bebas yang bisa mengakibatkan menipisnya oksigen terlarut, dan ada akar tanaman yang ditancapkan pada substrat menghindar substrat jadi berbentuk toksik.

Menurut karakter tumbuhnya, tanaman air dibagi jadi 3 kelompok yakni tanaman yang tumbuh didalam air (submerge plant), tanaman yang tumbuh mengambang di permukaan air (floating plant), serta tanaman yang tumbuh diatas permukaan air tetapi akar serta umbinya di bawah air (emerge plant). 

Tanaman air pada aquascape di usahakan agar sama sesuai tanaman di alamnya. Tanaman membutuhkan pupuk untuk sumber nutrisi yang kaya akan trace element yang dipakai untuk merangsang petumbuhan tanaman supaya tumbuh subur, kekar serta kuat didalam akuarium. Ada 2 type pupuk yang dipakai yakni pupuk basic serta pupuk cair. Pupuk basic berupa bubuk serta digabungkan dengan sepertiga dari semua sisi pasir yang dipakai lalu ditutup dengan 2/3 sisi pasir bersih diatasnya. Pupuk cair berperan untuk memasukkan zat – zat yang dibutuhkan tanaman yang gampang sekali teroksidasi seperti Fe (zat besi) (Suryanata, 2007).

Biasanya tiap-tiap tanaman memerlukan type nutrisi yang nyaris sama, tetapi pada aquascape umumnya type tanaman air yang kita pakai bakal memastikan type pupuk yang dipakai lantaran ada tanaman yang condong mempunyai karakter spesial seperti berdaun lebar, tengah ataupun kecil.
Karakter serta karakteristik tanaman air yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan, suhu, pH serta jenis perkembangan. Menurut Yulianto (2001), pencahayaan 4 watt per 10 liter air digunakan untuk patokan pencahayaan tengah.

Nama Tanaman : Echinodorus Vesuvius

Echinodorus ‘Vesuvius’ adalah spesies yang diculture dari Echinodorus angustifolia dari Tanaman Oriental Aquarium. Echinodorus ‘Vesuvius’ atau biasanya disebut echi twister memiliki daun hijau yang sempit dan memutar membuat echinodorus vesuvius memiliki bentuk yang sangat menarik sebagai penghias aquascape 


Nama Tanaman : Elatine triandra

Elatine Triandra pada dasarnya adalah stemplant tetapi telah digunakan sebagai tanaman foreground dimana batang tanaman diajarkan untuk “merambat” sepanjang substrat. Meskipun substrat yang baik akan mendorong pertumbuhan, sebenarnya ini tidak benar-benar diperlukan.
Pencahayaan yang cukup adalah hal yang mutlak untuk Elatine Triandra. Elatine juga sangat rakus akan nitrat. Warna hijau muda (hijau zaitun) membuat kekontrasan tanaman ini sangaTindah untuk foreground



Nama Tanaman : Juncus Repens




Nama Tanaman : Microsorum pteropus Windelov 


Nama Tanaman : Mini Fissidens

Mini Fissidens (Fissidens Taxofilius). Memiliki bentuk seperti jari-jari tangan yang dikembangkan atau daun kelapa, mini fissidens sangat cocok untuk diikat kebatu atau di ikat ke pohon untuk memberikan kesan natural.




Nama Tanaman : Weeping Moss


Nama Tanaman : Riccia fluitans


Nama Tanaman : Staurogyne sp

enis Tanaman : Stem
Staurogyne SP. Sangat cantik untuk digunakan sebagai tanaman midground maupun foreground.