Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Akuarium Terbesar Di Dunia

10 Akuarium Terbesar Di Dunia (akuariumhiasku) | Ukuran rata-rata untuk tangki akuarium rumahan yaitu Sekitar 29 atau 30 galon. Akuarium publik biasnya lebih besar dan lebih dramatis dari pada akuarium rumah serta memiliki ukuran hingga beribu-ribu juga berjuta-juta galon. Namun cuma sedikit yang cukup besar untuk membuatnya masuk ke daftar akuarium paling besar didunia. Yakni type akuarium yang bisa menyimpan hiu paus serta ikan pari. Diperlukan suatu tangki yang benar-benar besar untuk menyimpan makhluk air sejenis ini.

1. Aquarium of Western Australia (793. 000 galon) 
Terdapat di pinggiran pantai Perth, Aquarium of Western Australia atau umum disingkat dengan AQWA, mempunyai tangki akuarium paling besar di Australia. Tangki utama akuarium ini mempunyai panjang 40 mtr. serta lebar 20 mtr. serta bisa menyimpan 3. 000. 000 liter (793. 000 galon) air laut. Di dalamnya ada terowongan bawah air selama 98 mtr.. Dengan cost penambahan, pengunjung bisa lakukan snorkling serta menyelam agar bisa ada lebih dekat dengan ikan, hiu, serta ikan pari dengan ditemani penyelam profesional dalam menjelajahi tangki aquarium utama.




2. Aquarium of Genoa 
Di bangun untuk Expo 92, Aquarium of Genoa di Italia yaitu satu diantara akuarium paling besar di Eropa. 70 tangki akuarium mereproduksi habitat laut serta darat dari semua dunia serta sediakan rumah untuk kian lebih 6000 hewan. Sebagian tangki mereproduksi lingkungan alam dari daerah yang tidak sama seperti Mediterania, Laut Merah serta Samudra Hindia. Yang paling spektakuler yaitu tangki yang diisi hiu, lumba-lumba serta anjing laut.




3. Shanghai Ocean Aquarium 
Shanghai Ocean Aquarium adalah satu diantara akuarium paling besar di Asia. Aquarium ini terbagi dalam 9 zona pameran dari semua dunia, terhitung Zona China, Zona Antartika serta Zona Australia. Zona China yaitu rumah untuk sebagian spesies yang terancam punah di perairan China, terhitung spesies langka serta bernilai dari Sungai Yangtze. Daya tarik paling besar dari akuarium ini yaitu terowongan bawah air yang mempunyai panjang 155 mtr. serta menobatkannya untuk terowongan bawah laut terpanjang didunia.




4. Ushaka Marine World 
uShaka Marine World terdapat di Durban, Afrika Selatan. Diisi akuarium paling besar di Afrika serta berisi 32 tangki aquarium. Makhluk-makhluk laut yang ditemukan di akuarium berkisar dari kuda laut kecil hingga hiu serta lumba-lumba. Akuarium ini di bangun untuk tampak seperti kapal tua yang terbenam serta diisi beberapa restoran serta kafe. Yang paling menonjol dari restoran ini yaitu " The Cargo Hold ", restoran yang dindingnya dari akuarium diisi beberapa hiu yang tampak dari beberapa besar area makan.




5. Monterey Bay Aquarium (1, 2 juta galon) 
Monterey Bay Aquarium terdapat di lokasi sisa tempat pengalengan ikan sarden di Monterey, California. Satu diantara tangki memiliki ukuran 10 mtr. serta bisa menyimpan 1, 3 juta liter (0, 33 juta galon) untuk menunjukkan kehidupan bawah laut pesisir California. Tangki intinya sendiri bisa menyimpan 4, 5 juta liter (1, 2 juta galon) yang dipertunjukkan dari jendela tunggal serta adalah satu diantara paling besar didunia. Kehidupan laut yang dipertunjukkan ikan pari, ubur-ubur, berang-berang laut, serta beragam spesies laut asli, yang bisa dipandang diatas serta dibawah permukaan air.




6. Turkuazoo (1, 32 juta galon) 
Di buka pada th. 2009, Turkuazoo yaitu akuarium raksasa Turki pertama yang menghadirkan rimba hujan tropis, rimba tropis serta zona laut. Akuarium ini terdapat didalam Komunitas Istanbul Shopping Mall serta diisi suatu terowongan selama 80 mtr. dibawah air. Turkuazoo menyimpan Sekitar 10. 000 makhluk laut terhitung hiu macan, ikan pari raksasa serta piranha di 29 tangki yang tidak sama dimana yang paling besar bisa menyimpan 5 juta liter (1, 32 juta galon) air.




7. L'Oceanogràfic (1, 85 juta galon) 
L'Oceanogràfic yaitu kompleks laut dimana habitat laut yang tidak sama yang dipertunjukkan. Hal semacam ini terintegrasi dalam suatu kompleks yang di kenal untuk Kota Seni serta Pengetahuan Pengetahuan dalam kota Valencia, Spanyol. Oceanogràfic mempunyai tangki akuarium paling besar di Eropa serta kian lebih 45. 000 makhluk laut. Di dalamnya juga ada sembilan menara dibawah air, terstruktur pada dua tingkat yang mewakili sebagian ekosistem laut. Dua menara air dikaitkan dengan suatu terowongan bawah air selama 35 mtr. serta tangki itu dipenuhi dengan hiu, pari serta 7 juta liter (1, 85 juta galon) air.





8. Okinawa Churaumi Aquarium (1, 98 juta galon) 
Okinawa Churaumi Aquarium terdapat didalam Ocean Expo Park di Jepang serta di buka pada th. 2002. Tangki utama dari akuarium, dimaksud Laut Kuroshio, menyimpan 7, 5 juta liter (1. 981. 000 galon) air serta mempunyai suatu panel kaca akrilik memiliki ukuran 8, 2 x 22, 5 mtr. dengan ketebalan 60 cm, panel itu adalah panel paling besar didunia saat akuarium di buka. Paus hiu serta ikan pari manta disimpan berbarengan banyak spesies ikan yang lain di Laut Kuroshio. Pada Juli 2010, sudah ada keseluruhan empat pari manta yang lahir di akuarium itu.




9. Dubai Mall Aquarium (2, 64 juta galon) 
Dubai Mall, satu diantara pusat perbelanjaan paling besar didunia, yaitu sisi dari kompleks Burj Dubai. Pusat dari mall itu yaitu tangki akuarium raksasa, dengan kemampuan 10 juta liter (2, 64 juta galon) air. Akuarium ini mempunyai kian lebih 33. 000 satwa laut terhitung kian lebih 400 hiu serta ikan pari. Aquarium ini resmi mencapai Guinness World Record untuk Panel Acrylic Paling besar didunia. Panel memiliki ukuran 8, 3 x 32, 88 mtr. serta setebal 75 cm menaklukkan Okinawa Churaumi Aquarium di Jepang. Pada bln. Februari 2010, tangki yang diisi hiu alami kebocoran serta mengakibatkan evakuasi serta penutupan singkat mall ini.





10. Georgia Aquarium (6, 3 juta galon) 
Georgia Aquarium di Atlanta yaitu akuarium paling besar didunia serta rumah untuk kian lebih 100. 000 makhluk laut. Didanai beberapa besar oleh sumbangan sejumlah $ 250 juta dari pendiri Home Depot, Bernie Marcus, akuarium di buka pada November 2005. Aquarium Georgia yaitu hanya satu tempat diluar Asia yang mempunyai hiu paus. Hiu paus itu disimpan dalam suatu tangki raksasa yang bisa menyimpan 24 juta liter (6, 3 juta galon) air. Ada pro-kontra sekitar ketentuan Aquarium Georgia untuk jadi habitat untuk hiu paus. Kecemasan perihal ini jadi makin meningkat bersamaan kematian dua dari hiu paus yang awalannya didapat.