Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Ikan Hias Tercantik

Discus 
Ikan ini adalah spesies ikan air tawar yg barangkali adalah ikan air tawar yg paling cantik. Harga nya juga mahal banget : anakan yg panjangnya 3 inchi berkisar pada $50-$80.



Mandarin Fish 
Ada 2 varietas dari spesies ini : Mandarinfish standard serta Psychedelic Mandarin. Yang standard umumnya mempunyai pola serta warna yg semakin bagus di banding Psychedelic. Harga nya berkisar $20 per ekor, namun yg jadi persoalan yaitu makanannya.



African Cichlids 
Ikan ini disampaikan untuk “Sick-Lids”. Ikan ini ditemukan di 3 danau di Afrika : Malawi, Tanganyika, serta Victoria. Spesies yg ada di Danau Victoria jumlahnya kurang banyak serta kurang berwarna-warni dibanding dengan yang lain. Umumnya mereka tumbuh sampai 6-7 inchi, dengan pengecualian untuk Spesies Frontosoa, yg dapat tumbuh sampai 12-14 inchi. Ikan ini adalah ikan2 air tawar yg dapat dengan mudah dipelihara di akuarium rumahan. Tak hanya di Afrika, ada juga spesies ikan ini yg idup di perairan Amazon, namun ukurannya semakin besar serta lebih agresif dari yg di Afrika.



Parrotfish 
Diberi nama demikian lantaran wujud mulutnya yg serupa paruh burung. Ikan ini memakai mulutnya yg seperti paruh itu untuk memecah serta mengonsumsi invertebrata kecil yg hidup di daerah koral. Umumnya mereka  mengonsumsi utuh2 bebatuan koral atau pasir2 laut lalu mengunyah invertebrata yg ada di dalamnya, lalu buang sisa2nya.



Koi 
Terdapat beberapa variasi warna dari ikan koi. Koi bisa mempunyai warna oranye, merah, putih, keemasan, atau hitam. Sebagian pengagum koi rela membayar beberapa ribu dolar untuk seekor koi hanya untuk mencari pola warna koi yg langka.



Moorish Idol 
Ikan ini tergolong sulit untuk dipelihara di akuarium rumahan, serta juga benar-benar mahal harga nya.



Regal Tang
Ini ikan yang ada di Finding Nemo bukan ya? Btw, ikan ini tergolong dalam family Surgeonfish, yg mempunyai pisau kecil dari zat kapur yg bisa disembunyikan di depan sirip ekornya. Pisau kecil ini dipakai terlebih untuk system pertahanan dalam menghadapi predator.



Coral Beauty
Ikan ini tergolong dalam Angelfish. Ikan ini dapat disimpan dalam akuarium rumahan serta bisa bertahan hidup dengan baik didalam habitatnya.



Flame Angel 
Ikan ini memikiki jalinan dekat dengan Coral Beauty. Sifatnya sama sesuai Coral Beauty, namun sifatnya tak ‘seteguh’ Coral Beauty.



Lionfish 
Ikan ini dimaksud juga Zebrafish. Tulang belakangnya itu mempunyai toksin yg benar-benar menyakitkan serta cukup efisien. Orang yg memeliharanya tentunya mesti hati2 jika ingin membersihkan akuariumnya



Banggai Cardinalfish
Spesies ini hanya ada di Kepulauan Banggai, Indonesia. Spesies ini hidup pada jangkauan geografis yang sangat terbatas yaitu 5.500 km² dan dengan jumlah populasi yang sedikit yaitu sekitar 2,4 juta saja. Banggai cardinalfish merupakan populasi yang terisolasi dan terkonsentrasi di peraiaran dangkal pada 17 pulau besar dan 10 pulau kecil, Kepulauan Banggai. Sebagian kecil populasinya terdapat di Luwuk Sulawesi Tengah. Tambahan populasi berasal dari Selat Lembeh (Sulawesi Utara), sekitar 400 Km sebelah utara dari habitat asli (berdasarkan laporan dari nelayan yang perdagangkannya tahun 2000).