Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Sepat Hias



Ikan Sepat Hias (akuariumhiasku) | Ikan Sepat Mutiara yaitu sejenis ikan hias air tawar termassuk dalam suku guramai (osphronemidae). Didalam bhs inggris dikatakan sebagai mosaic gourami atau lace gourami mengacu pada pola warna berbintik-bintik indah dengan garis hitam di segi badannya. Dengan nama dagang pearl gouramy atau mosaic gouramy datang dari Malaysia, Thailand, Sumatera serta kalimantan. Ikan yang berbentuk omnivora ini hidup pada suhu maksimal 26-28° celcius ; Ph 6, 5-7, 0 ; dengan kekerasan air 6-8° dh.



Panjang badan ikan ini bisa mencapai 12 cm. Warnanya biru muda dengan kilas violet jelas. Sisi semua badannya dipenuhi oleh totol putih seperti mutiara dengan poly mosaik. pada waktu birahi, warna sisi perut jantan lalu orange.

Ciri khas
Ikan yang bertubuh pipih serta bermoncong agak runcing sempit, panjang seluruh beserta ekor sampai memanjang 120 mm. berwarna abu-abu atau kebiruan dengan pola butir-butir berwarna kehijauan atau keperakan sama mutiara sangat banyak. satu hal pita berwarna gelap jalur pada tengah segi badan, dimulai dari ujung moncong melalui mata serta selesai dengan satu hal bintik pada pangkal ekor. Ikan sepat mutiara jantan bakal lebih berwarna warni, dengan tenggorokan serta sirip dubur sisi depan berwarna kemerahan.

Persebaran dan habitat
Sepat mutiara menyebar dimulai dari thailand, malaysia, sumatra, sampai kalimantan. ikan ini yakni penghuni rawa-rawa dataran rendah yang berair sedikit asam. ikan ini umumnya suka ada dekat permukaan sampai 1/2 kedalaman air.

Pemeliharaan di aquarium
Untuk pelihara sepasang sepat mutiara baiknya dipakai kolam atau aquarium memiliki ukuran sedikitnya 60 liter ; semakin besar ukurannya dapat semakin baik, lantaran ikan ini dapat tunjukkan tanda sinyal stres apabila lalu terbatasi ruangannya. Suhu air baiknya berkisar pada 22–28 °celcius. Permukaan airnya sebaiknya sehubungan selekasnya dengan hawa terbuka, supaya organ labirin ikan ini bisa melakukan tindakan dengan baik. kelengkapan aquarium yang dibutuhkan satu diantaranya yaitu substrat serta ornament yang cocok, tetumbuhan air, filter air, pencahayaan, dan perawatan.

Sepat mutiara yaitu ikan yang cinta damai. ikan ini bisa hidup bercampur dengan beberapa jenis ikan yang lain, tetapi baiknya jangan sempat dipadukan dengan ikan-ikan yang berbentuk agresif atau terlampau aktif. Juga butuh dijaga supaya aquarium tak terlampau penuh supaya sepat mutiara tak gelisah. Tandanya, sepat jantan bisa tiba-tiba saja menyerang atau menggertak ikan lain yang jadi mengganggunya.

Pakan
Sepat mutiara yaitu hewan omnivora, pemakan semua. Di aquarium, ikan ini bisa di beri pakan kering seperti pelet atau cacing tubifex kering. Sesekali, dapat juga diberikan pakan hidup seperti udang renik.

Pemijahan
Langkah pemijahan serta pemeliharaan ikan ini nyaris sama juga dengan dwarf gouramy. perbedaannya cuma pada ke-2 induknya yang benar-benar sctia membuat perlindungan telurnya. oleh karenanya, pembelahan induk jantan serta betina dengan anaknya bisa dikerjakan sesudah larva dapat berenang atau lebih kurang usia 1 minggu. ukuran jual lebih kurang 4 cm atau telah berusia 3, 5 bln.

Untuk area memijah, aquarium butuh dilengkapi dengan tanaman air yang mengapung. Disini ikan jantan dapat buat sarang busa atau sarang gelembung dari air ludahnya, untuk area memijah serta menaruh telur sampai menetas nantinya. Percumbuan serta pemijahan dapat jalan di sarang ini, serta setelah telur dikeluarkan serta dibuahi, sepat betina dapat diusir keluar oleh si jantan. Seperti beberapa jenis sepat yang lain, jantan sepat mutiara dapat menjagai telur-telur ini sampai menetas.

Sekali memijah umumnya betina dapat keluarkan 150–200 butir telur. Telur ikan dapat menetas sesudah 24 jam. Demikian hari kemudian burayak (anak-anak ikan) mulai aktif berenang. Pada waktu itu sebaiknya ikan jantan dipisahkan dari anak-anaknya, supaya burayak-burayak itu tak dimakannya. Anak-anak ikan pada awalnya bisa di beri pakan udang renik, serta minggu-minggu kemudian bisa di beri pakan kering yang dihaluskan.