Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Black Molly


Cara Budidaya Ikan Black Molly (akuariumhiasku) | Ikan Black Molly (Poecilia sphenops) keluarga pocilidae adalah ikan hias yang cukup menarik. Dengan warna hitamnya yang mengkilap serta wujud badan yang mungil yang pancarkan daya tarik sendiri yang menjadikan ikan ini benar-benar pas untuk suatu hoby pelihara ikan di akuarium. Juga telah beberapa orang yang membudidayakan ikan black molly baik itu lantaran aspek hoby ataupun ekonomi.
Pemeliharannya di akuarium memanglah tak terlampau menyusahkan, walau demikian kerapkali beberapa penggemar Ikan Black Molly merasa kesulitan dalam hal penyerangan penyakit pada Ikan Black Molly. Hingga baik dalam pemeliharaan ataupun pembenihan ikan ini senantiasa dihadapkan pada kematian.

Klasifikasi 
Klasifikasi ikan black molly dengan cara komplit yaitu seperti berikut :

  • Phyllum : Chordata 
  • Class : Ostheichthyes 
  • Ordo : Cyprinodontoidei 
  • Family : Poecilidae 
  • Genus : Poecilia 
  • Species : Poecilia sphenops 


Morfologi 
Wujud badan black molly mirip ikan guppy lantaran tetap satu keluarga yakni Poecilidae. Panjang badannya sekitar 5 – 7 cm. Badan black molly semuanya berwarna hitam mengkilap dari kepala sampai sirip ekor. Sirip ekor berupa sabit serta sirip punggung menjuntai ke belakang sampai meraih pangkal ekor.
Black Molly adalah ikan hias yang datang dari luar Indonesia. Ikan ini datang dari aliran Sungai Amazon, Brasil serta sungai-sungai Amerika Selatan. Ikan ini hidup disela-sela akar tanaman air. serta menetaskan telurnya di sela-sela akar itu juga.

Pemijahan 
Ikan black molly bisa dipijahkan didalam akuarium. Akuarium yang dipakai memiliki ukuran 70x43x30 cm dengan jumlah induk 10 induk betina serta 5 ekor induk jantan. Dengan ukuran seputar 4-6 cm serta usia 3 bulan.. Siapkan juga tanaman air untuk media untuk bersembunyinya anak-anak ikan black molly.
1 minggu setelah ke-2 induk ditebar, anak-anak ikan Ikan Black Molly akan bermunculan dari sela-sela akar tanaman air. Anak-anak ikan black molly ini diberikan pakan berbentuk kutu air lalu meningkat searah dengan perkembangan benih, dengan cacing sutera.

Pemeliharaan di Akuarium 

· Persiapan Akuarium
Akuarium yang pas untuk pemeliharaan ikan Ikan Black Molly yakni ukuran 50x30x30 cm yang sudah dilengkapi filter.
Akuarium dibuat bersih lalu dijemur dibawah cahaya matahari sepanjang sebagian jam sampai betul-betul kering. Lalu kita isi air seputar 40 liter.

· Persiapan Peralatan
Alat-alat yang butuh disediakan terlebih dulu yakni :
1. Filter serta aerator
2. Batu aerasi
3. Batu Zeolit
4. Hiasan-hiasan yang lain.
Peralatan itu dicuci terlebih dulu lalu keringkan. Sesudah betul-betul bersih serta kering lalu masukan ke dalam akuarium yang sudah di isi air.

Pemeliharaan 
Dalam memelihara ikan black molly di akuarium diberikan cacing sutera. dapat juga membuat warna hitamnya mengkilat serta menolong pertumbuhannya. Pemberian pakan diberikan 2 kali satu hari yakni saat pagi serta sore hari.
Penyiponan dikerjakan tiap-tiap 2-3 hari sekali, hal semacam ini untuk melindungi kebersihan air serta akuariumnya. Untuk pembersihan filter dikerjakan tiap-tiap 1-2 minggu sekali.
Dalam pergantian air diusahakan keadaan air seperti suhu serta pH pada air yang lama dengan yang baru tak terlampau jauh tidak sama. Jika kisaran perbedaan terlampau besar di kuatirkan ikan akan alami stres serta lalu gampang diserang penyakit. Suhu yang pas untuk ikan black molly yakni berkisar pada 24-26 oC.