Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus (akuariumhiasku)-Kesempatan usaha budidaya ikan gabus terbuka untuk siapapun yang mau meningkatkan usaha perikanan. minimnya pasokan tidak seimbang dengan besarnya keinginan dari customer ikan gabus, maka harga ikan gabus juga terbilang cukup mahal.

Ikan gabus Malas apabila telah masuk ke restoran maka harga nya berkisar Rp 250. 000, 00 – Rp 300. 000, 00 untuk satu porsi dengan ukuran 0, 8 kg -1 kg.

Sedikit Informasi tentang asal usul ikan Gabus dan pola hidupnya di Alam

Rutinitas Hidup Ikan Gabus di Alam 
Benih ikan gabus terlihat seperti serombongan ikan cere (Lebistes reticulates) di kolam. Gabus Malas ini datang dari Kalimantan, Sumatera, Malaysia, serta Thailand. Ikan ini hidup di sungai, rawa dengan kedalaman 40 cm, serta suka pada perairan yang dangkal.
Ikan ini condong menentukan tempat yang gelap, berlumpur, berarus tenang, atau lokasi bebatuan untuk bersembunyi. Di Indonesia, ikan ini ditemukan di Palembang, Muara Kompeh, Gunung Sahilan, Jambi, Danau Koto, Sungai Russu, Bua-bua, Banjarmasin, Sintang, Montrado, Batu Pangal, Smitau, Danau Boran, Pontianak, Sungai Kapuas, Serawak serta Ternate, Sungai Cisadane, Bengawan Solo, serta sebagian sungai besar yang lain.

1. Rutinitas makan 
Di alam, ikan gabus menangkap makanan yang jaraknya benar-benar dekat. Dengan  mulut yang benar-benar lebar, bukan hanya rintangan untuk ikan ini untuk mengenyangkan perutnya.
ikan gabus terhitung kelompok karnivora. Type pakan yang disenangi yaitu cacing, ikan-ikan kecil, atau organisme yang lain yang hidup. Setiap harinya ikan ini dapat menyantap pakan ini dalam jumlah yang besar.

2. Rutinitas berkembang biak 
Di alam, ikan gabus kawin pada musim penghujan ditempat yang berpasir bersih. Ikan ini kawin dengan cara berpasangan. Telurnya bakal ditempatkan di basic atau ditempelkan pada substrat, pinggiran batu, atau akar pokok kayu yang bersih. Telurnya bakal terlihat seperti kabut atau kapas yang benar-benar lembut serta halus yang melekat pada substrat.

Pengenalan Jenis Ikan Gabus

Awalannya, ikan gabus Malas yaitu hama yang mengusik ketenangan ikan-ikan peliharaan di kolam, sama seperti belut. Namanya sesuai  dengan rutinitas hidupnya. Ikan ini hampir-hampir tak bergerak karena sangat Malasnya. Oleh karenanya, ikan ini mesti di beri pakan hidup supaya bereaksi. Ikan gabus Malas di kenal juga dengan nama betutu.


Ikan ini mempunyai sisik jenis ctenoid. Berarti, wujud sisik kecil2 serta menyelimuti sekujur tubuhnya. Di bagian kepala sisik, ada moncong, pipi, serta operculum. Sisi operculum sisik ini semakin besar dibanding dengan yang lain. Sirip dubur lebih pendek dari sirip punggung ke-2. Ikan ini gampang dibedakan dengan ikan yang lain lantaran memiliki warna badan cokelat kehitaman. Di bagian punggungnya berwarna hijau gelap, sedang warna sisi perutnya lebih jelas. Sisi kepala mempunyai sinyal berwarna merah muda.
Panjangnya dapat meraih 45 cm. Tubuhnya berupa bulat panjang. Mulutnya lebar, Sirip ekor berupa membulat (rounded) dengan kulit badan dihiasi belang-belang kecokelatan.

Langkah langkah untuk budidaya ikan gabus


1. Konstruksi kolam 
Luas kolam pemijahan beragam pada 200 m2, bergantung tersedianya tempat. Kolam berupa persegi panjang dengan letak pintu pemasukan serta pembuangan berseberangan dengan cara diagonal. Maksudnya supaya kolam dapat beroleh air dari saluran segera serta pembuangannya juga dapat lancar. Debit air kolam minimum 25 liter/menit. Perubahan air yang kotinyu bakal punya pengaruh positif pada sistem pemijahan.
Apabila lahannya sempit, dapat dibuatkan bak semen memiliki ukuran 2m x 1m x 1m untuk pemijahan induk betutu dengan cara berpasangan. Tetapi, apabila ingin memijahkan sebagian gunakan di tempat terbatas dapat di buat kolam tembok memiliki ukuran 4m x 2m x  1m.



2. Persiapan kolam 
Untuk kolam pemijahan seluas 200 m2, disediakan induk yang rata-rata memiliki ukuran 300 g sejumlah 35-40 gunakan. Sesaat untuk kolam kecil, dengan luas 8 m2, bisa dimasukkan induk sejumlah 3-4 gunakan.
Sebelum saat induk dimasukkan, kolam pemijahan dilengkapi dengan sarang pemijahan berbentuk segitiga yang di buat dari asbes. Ukuran panjang segitigiga 30 cm yang diikat dengan kawat serta di beri pelampung untuk tahu keberadaannya.
Induk dimasukkan ke dalam kolam pemijahan sesudah kolam terisi air setinggi 40-45 cm. Sepanjang sistem pemijahan, baiknya kolam memper*oleh perubahan air dengan cara kontinyu. Sistem perubahan air dengan cara kontinyu ini dapat dibuktikan dapat merangsang pemijahan nyaris seluruhnya type ikan dengan cara alami.

3. Pemijahan 
Perilaku pemijahan ikan gabus mencakup 5 step, yakni membuat daerah kekuasaan, bikin sarang pemijahan, sistem kawin, memijah serta letakkan telurnya pada sarang, serta melindungi telurnya.

Menentukan Induk 
Induk ikan gabus biasanya dihimpun dari alam karena butuh saat yang lama serta pakan yang benar-benar banyak untuk membuahkan induk di kolam.
Ciri induk ikan gabus yang berkualitas
Betina : Tubuhnya berwana lebih gelap. Bercak hitam semakin banyak. Papila urogenital berupa benjolan memanjang yang semakin besar. membundar, warnanya memerah waktu mendekati memijah. Ukurannya lebih kecil dibanding yang jantan pada usia yang sama. Berbadan sehat. Dewasa.
Jantan : Tubuhnya berwana lebih jelas. Bercak hitam lebih sedikit. Papila orogenital berupa segitiga, pipih, serta kecil. Pada usia yang sama ukurannya semakin besar dari pada betina. Berbadan sehat. Dewasa.

Penetasan Telur serta Perawatan Benih 
Telur ikan betutu berupa lonjong, transparan. Ukurannya benar-benar kecil, kurang lebih cuma bergaris tengah 0, 83 mm. Telur itu menempel pada dinding sarang. Sesudah kontak dengan air sepanjang 10-15 menit, membran vitelinya bakal mengembang terns serta panjang telur meningkat seputar 50 Persen sampai telur memiliki ukuran 1, 3 mm.
Penetasan telur dikerjakan di akuarium dengan mengangkat sarang pemijahan yang sudah diisi telur. Suatu sarang pemijahan dapat dihuni oleh sepasang induk, namun dapat pula dihuni sebagian ekor induk. Kemampuan akuarium baiknya minimum 60 liter. Untuk menanggung sistem penetasan, di beri aerasi agak kuat, serta ditetesi sebagian tetes
Malachytgreen atau Metilen blue untuk menghindar jamur (fungi). Telur yang diserang jamur bakal terlihat putih berbulu serta baiknya selekasnya disifon supaya tak menulari telur yang lain.
Jumlah telur dalam tiap-tiap sarang berkisar 20. 000- 30. 000 butir. Telur tak menetas kurun waktu yang berbarengan. Umumnya, penetasan berjalan 2-4 hari. Sesudah telur menetas, kemampuan aerator dikurangi. Adapun persentase telur yang menetas pada 80—90%.

Pendederan 
Pendederan ditujukan untuk pelihara larva yang baru menetas serta telah habis kuning telurnya (yolk sack) ke dalam kolam untuk beroleh ikan yang seukuran sejari (fingerling). Pendederan umumnya dibagi jadi 2 sisi, yakni pendederan I serta pendederan II.
Pendederan I dikerjakan didalam bak atau kolam yang lebih kecil, memiliki ukuran 5 m x 2 m dengan kedalaman 1 m. Kolam ini dipasangi hapa dengan ukuran mata 500 mikron (0, 5 mm) yang memiliki ukuran 100 cm x 75 cm serta tinggi 60 cm.
Banyak hapa yang dipasang bergantung benih yang bakal ditebar. Kepadatan penebaran didalam hapa pada pendederan I yakni 30. 000 ekor/m2 atau 3o ekor/liter air. Jadi, ke dalam bak itu bisa ditampung sejumlah 100. 000-150. 000 ekor larva, hasil dari 3-5 buah sarang, dengan kedalaman air 50 cm. Lama pemeliharaan didalam pendederan I ini yakni 2 bln.. Dengan pakan yang disuplai dari luar, bakal dihasilkan benih seukuran 1-2 cm dengan tingkat hidup meraih 20%.
Untuk pendederan II, diperlukan kolam yang luasnya 50 m2 dengan ukuran 5 m x 10 m serta kedalaman kolam 0, 7 mtr.. Kolam dipupuk dengan kotoran ayam sejumlah 0, 5-1, 5 kg/m2, bergantung dari kesuburan kolam. Lama pemeliharaan di pendederan II yakni 4 bln. serta bakal dihasilkan benih ikan memiliki ukuran 10 cm (30-50 g) dengan tingkat kehidupan dapat meraih 100%.

Pembesaran 
Pembesaran ditujukan untuk membuahkan betutu memiliki ukuran konsumsi. Kolam yang diperlukan seluas 200-600 m2. upayakan kolam beroleh air barn dengan konstruksi pematang kolam dari tanah dengan terlebih dulu di pastikan tak bocor. Idealnya, kolam
dengan pematang yang ditembok. Didalam kolam diletakkan sebagian tempat persembunyian berbentuk ban sisa atau dawn kelapa lantaran ikan gabus menginginkan lingkungan yang agak remang-remang.
terlebih dulu kolam dipupuk dengan kotoran ayam dengan dosis 0. 5-1. 5 kg/m2. Kolam diairi dengan air yang telah melalui saringan. Untuk benih memiliki ukuran 100 g bisa ditebarkan 20 ekor/m2, sedang yang memiliki ukuran 175 g bisa ditebarkan sejumlah 8 ekor/m2. Dalam tempo 5 bln., benih yang beratnya 100 g bisa tumbuh jadi 250 g/ekor, sedang yang memiliki ukuran 175 g bisa meraih berat 400 g/ekor sepanjang 6 bln..
Demikinlah informasi singkat perihal Langkah Budidaya Ikan Gabus serta Pemijahan di Kolam, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Gabus"