Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Awal Memelihara Ikan Hias Air tawar



Di bawah ini adalah panduan  yang bermanfaat  pemula dalam melakukan pemeliharaan Ikan Hias. Spesies Ikan Hias haruslah dapat hidup untuk kurun waktu yang  lama apabila dirawat dengan baik. Oleh karenanya, anda mesti mempunyai prinsip periode panjang sebelum saat memulai memelihara Ikan Hias Air Tawar.

Di bawah ini beberapa langkah yang hasrus anda lakukan sebelum saat mulai memelihara ikan :

1. mendaptakan informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan hias :

a. Seberapa besar ikan itu apabila dewasa serta apakah anda memiliki akuarium yang cukup besar untuk menampung ukuran badan ikan sesudah dewasa.

b. Cari info tentang suhu air, rentang pH serta sebagainya

c. Apa type makanan ikan yang dimakan
Temperamen spesies ikan. Apakah spesies tertentu cocok untuk dikumpulkan dengan ikan yang telah anda punyai atau mau anda memelihara di saat yang akan datang. Aspek ini kerap terlewatkan oleh penghobist.

d. Apakah spesies yang akan anda pelihara dapat berkembang biak dengan cepat? Apabila demikian, apakah anda mempunyai peralatan pada waktu ikan berkembang biak?

e. Apakah ikan yang akan dibeli rawan pada penyakit spesifik?

2. Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan tampat  yang anda punyai. Akuarium yang besar mengakibatkan air dalam akuarium lebih stabil. Untuk misal, apabila pemanas suhu rusak, serta beberapa toko Jual Ikan telah tutup, suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar.

3. Pelajari peralatan akuarium sebelum saat anda beli atau lakukan Budidaya Ikan Hias.

4. Apabila anda suka membaca, belilah buku-buku tentang ikan hias air tawar. Membaca buku merupakan langkah tercepat untuk memperoleh info yang anda perlukan untuk memelihara Ikan Hias Air Tawar.
Berlangganan majalah Ikan Air Tawar serta akuarium juga adalah satu diantara langkah yang gampang untuk memperoleh panduan serta anda selalu tahu hal yang baru dalam hoby ini, dapat pula anda ajukan pertanyaan pad aPenJual Ikan Hias

5. Siapkan banyak tempat bersembunyi untuk ikan. Tempat bersembunyi akan jadi tempat pengungsian ikan serta akan turunkan level stress ikan. peralatan seperti itu bisa di dapatkan di Toko Ikan & Toko Ikan Hias.

6. Beli test kit air akuarium untuk memantau siklus nitrogen akuarium. Anda bisa beli test kit untuk menguji kandungan amonia, nitrit, nitrat serta pH. Anda juga mesti menguji air ledeng apabila memakai air PAM.

7. Janganlah meletakkan akuarium di dekat jendela. Sinar matahari yang masuk langsung ke akuarium akan mengakibatkan ledakan ganggang hijau. Cahaya matahari segera akan mengakibatkan suhu air dalam akuarium meningkat.

8. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum saat dimasukkan ke dalam akuarium bertanya sama PenJual Ikan Hias deh lantaran mereka lebih tau perihal deklorinasi itu apa

9. Beli filter akuarium di Toko Ikan & Toko Ikan Hias yang mempunyai sebagian cartridge, hingga anda dapat ganti satu diantara apabila telah kotor.

10. Janganlah mencuci filter dengan air ledeng. Pakai air dalam akuarium yang telah anda saring waktu ganti air Ikan Air Tawar. Klorin serta kloramin dalam air ledeng bakal membunuh bakteri pembasmi nitrit serta nitrat dalam filter.

Post a Comment for "Tips Awal Memelihara Ikan Hias Air tawar"