Cara Merawat Aquascape (akuariumhiasku) | Merawat aquascape yang telah di Set up memerlukan perawatan berkala supaya tampilan Tanaman serta ekosistem di dalamnya terus sempurna. Untuk 1 bln. pertama yaitu saat di mana tanaman pada aquascape memerlukan perawatan yang intensif. berikut beberapa langkah yang harus dilakukan dalam 8 Minggu pertama.

Minggu ke 1 
Pada minggu pertama, disarankan 50% isi air di ganti setiap satu minggu sampai usia tanaman didalam aquarium mencapai usia 2 bulan. Agar kandungan NH4 tak naik dan akuarium tak gampang diserang agae/lumut, pergantian air dengan cara berkala akan berguna untuk langkah kurangi kandungan NH4 didalam aquarium. Untuk fauna seperti ikan serta udang baiknya di masukan saat usia aquarium telah mencapai dua minggu sesudah set up, hal semacam ini di kerjakan untuk menghindar rusaknya tanaman didalam aquarium karna akar dari tanaman itu belum bertumbuh dengan cara optimal.

Suhu air yang baik berkisar 25 C – 27 C gunakan fan/chiller apabila di butuhkan.
Pemberian pupuk cair di kerjakan sebelum saat lampu di nyalakan bukan hanya waktu lampu di matikan (perlu diperhatikan) Pemumpukan yang efisien itu dikerjakan sebelum saat lampu menyala, atau pada waktu awal lampu menyala, di mana stomata daun buka serta efisien untuk menyerap nutrisi serta sistem berfotosintesis. 
Lampu dinyalakan minimum 6 jam dan optimal 9 jam satu hari, Pakai Timer supaya pencahayaan konstan tiap-tiap harinya, dan sesuaikan saat anda untuk nikmati aquascape anda.

Minggu ke 2 
Pada minggu ke-2, ikan-ikan kecil, udang serta fauna pemakan lumut telah dapat dimasukan ke dalam tank, namun janganlah di beri makan dahulu selama 1 minggu. Maksudnya, supaya ikan/udang terasa lapar hingga fauna itu bakal lebih bekerja benar-benar agresif serta rakus untuk melahap seluruhnya algae pada daun dan aquascape bakal terus bersih terlepas dari algae.

Minggu ke 3
Pada minggu ketiga, ikan dapat ditambahkan sesuai sama dengan kemampuan akuarium namun perlu di ingat terlalu banyak fauna juga tak baik, Ikan dapat di beri pakan serta mesti habis kurun waktu 5 menit. Kelebihan pakan mesti dibuang lewat cara disedot memakai selang supaya mutu air tak beresiko jelek, Pergantian air sama juga dengan minggu pertama dapat dikerjakan satu minggu sekali dengan kuras air akuarium setengahnya/50% isi air pada tank.

Minggu ke 4 s/d Minggu ke 6 
pada Minggu keempat, cermati daun yang telah tua atau layu segara keluarkan dari dalam tank/aquarium, maksudya supaya daun yang telah tua tidak di biarkan membusuk didalam tank yang dapat menyebabkan buruknya mutu air didalam tank.

Minggu ke 7 s/d Minggu ke 8 
Minggu ke 7 s/d minggu ke 8 yaitu perawatan berkala aquascape dengan cara optimal yang agak tidak sama dari perawatan berkala umumnya. perawatan berkala ini umumnya di lakukan pada waktu 7 s/d 8 minggu sekali serta perawatan aquascape dengan cara besar ini di dimulai dari ganti karbon aktif dengan yang baru dari filter dan membersikan spon filter serta media filter lainya. Lalu bersikan sisi kaca didalam tank dan trimming/ memotong sisi tanaman yang telah mulai tinggi, lalu sedot keluar kotoran yang tersisa dari dalam tank serta ubah air sejumlah 50%.
Untuk perawatan aquascape di Minggu-Minggu setelah itu selalu di kerjakan sama sesuai dari Minggu pertama dan sebagainya.
Axact

Akuarium Hias

Hi Sahabat Aquarium Hias. Blog Aquarium hias ini memberikan informasi dan tips seputar aquarium air tawar dan aquarium air laut yang diperuntukkan bagi anda yang hobby terhadap aquarium air tawar, auarium air laut, serta ikan hias yang ada di dalamnya. Ada tips dan panduan step by step mengenai cara merawat ikan hias pada aquarium air tawar dan aquarium air laut. Kami akan terus berusaha mengetengahkan informasi terupdate seputar aquarium air tawar dan aquarium air laut yang kami dapatkan dari berbagai sumber ataupun berdasarkan pengalaman, dan akan disajikan di blog aquarium hias ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mengerti dan mendapatkan referensi aquarium air tawar dan aquarium air laut.

loading...

Post A Comment: