Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memelihara Ikan Discus Dalam Aquascape

discus_aquascape1


Memelihara Ikan Discus Dalam Aquascape (akuariumhiasku) | Aquarium saya tak menggunakan water heater, tetapi saya mengatur sedemikian rupa agar air didalam akuarium saya bertahan di 28 derajat celsius pada siang hari dan 27 derajat celcius waktu malam hari setiap hari dengan stabil.

Saya juga tak mempunyai alat pengatur ph atau keasaman air, maka dari itu saya memercayakan ikan angelfish atau manfish untuk polisi hansip untuk memperingatkan saya bila ph saya ada yang salah. Dalam hal semacam ini ikan type manfish serta juga angelfish telah di kenal benar-benar rapuh pada perubahan ph atau keasaman, lalu bila manfish atau angelfish saya mendadak bengong, sesaat itu saya bisa ribet menyelamatkan discus saya dengan mulai mengecek aquarium saya dari pertama.

Setelah itu saya masukkan alur langkah ikan discus dapat menyesuaikan dalam aquascape agar hobyis pemula tidak parno sama kesehatan ikannya dan panik Lalu terkena serangan jantung karena ketakutan ikan mahalnya mati mendadak.

Hari 1 : Adaptasikan suhu dengan cara memasukkan ikan yang masih terbungkus plastik kedalam air akuarium selama 15- 20 menit. Buang 50% air didalam plastik dan masukkan ikan serta air didalam plastik kedalam akuarium dengan lembut. Ikan bisa pasif pada awal berteman dengan rumah barunya dan mencari area yg tidak terlalu jelas. jangan di beri makan dulu dan biarkanlah ikan beristirahat selama beberapa saat.

discus_aquascape2


Hari 2 : Ikan terus pasif tetapi perlihatkan respon kesehatan yang baik didalam berenang. Bila seekor ikan, bisa selalu berkerumun berbarengan dan hilir mudik didalam grup. ini yakni ciri asli ikan discus. anda malah harus waspada bila ada ikan discus yang menyendiri dan tidak bergerombol dengan kawanan lainya. kemungkinan ikan itu sakit maka dari itu perlu dirawat, namun jangan sempat terburu- buru didalam memastikan, besar kemungkinan ikan itu masih stres atau terintimidasi oleh ikan yang lebih besar maka dari itu takut.

Hari 3 : Mulai lapar dan sesekali membanderol dasar akuarium dari sisa- bekas makanan yang bisa ia temui. anda dapat mulai memberikan mereka makanan. makanan beku maupun pelet, pilihannya ada ditangan anda. jangan sempat panik bila mereka belum pengin makan. cobalah dengan makanan beku berbentuk cacing beku terutama dahulu sebelum akan anda memaksanya konsumsi pelet. bau dari cacing beku yang mencair didalam air bisa merangsang ikan agar pengin makan.

discus_aquascape3


Hari 4 : Mulai kerjakan mengatur jam-jam untuk di beri makanan. dan awalilah mengadaptasikan jenis makanan yang anda tentukan untuk diberikan. Ikan mulai aktif hilir mudik dalam aquascape dengan kalem serta tenang. Jaga mutu air serta pakan mereka maka ikan bisa tumbuh sehat, punyai warna dan motif badan yang menarik serta sehat dan jauh dari penyakit.