Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Ikan Guppy

Jenis-jenis Ikan Guppy (akuariumhiasku)-Ikan guppy adalah spesies ikan yang sangat mudah pemeliharaannya. Harganya yang relatif murah dan bentuk fisik yang indah membuat ikan ini populer di kalangan pecinta ikan hias, bahkan orang awam pun tau tentang ikan guppy ini.

Jenis-jenis ikan Guppy ini sebenarnya sangatlah bermacam?macam, Dan jenis ikan Guppy sendiri sangat mempengaruhi nilai jual ikan tersebut. Dan baru?baru ini banyak sekali jenis ikan Guppy yang baru bermunculan, hal ini disebabkan karna adanya kawin silang pada guppy. Sehingga menimbulkan beranekaragaman jenis Ikan Guppy.
Pada dasarnya jenis ikan guppy dapat dibedakan melalui bentuk ekor dan warnanya, berikut sedikit jenis-jenis ikan guppy berdasarkan bentuk ekornya yang saya ketahui :

1. Cobra
Gen cobra ditandai dengan corak seperti kulit ular (snake skin) pada semua badan guppy jantan yang berwarna gabungan hitam, putih atau kuning. Benar-benar banyak guppy yang bercorak cobra lantaran corak inilah yang dari pertama kali telah bisa diidentifikasi. Pergantian gen yang umum didapati pada type cobra yaitu yang di kenal untuk lace. Gen lace mempunyai corak yang lebih halus serta komplek. Lantaran benar-benar gampang disilangkan, corak cobra ini bisa juga didapati pada guppy betinanya.



2. Metalik
Penamaan ini mengacu pada ada warna biru atau abu-abu gelap metalik pada badan guppy jantan. Yang paling banyak didapati yaitu type Metalik Cobra yang disebut gabungan gen metalik serta gen cobra. Type ini mempunyai pada serta dada berwarna metalik serta badan sisi belakang bercorak cobra.



3. Japan Blue
Type Japan Blue diprediksikan datang dari populasi guppy liar di Jepang. Karakteristik type ini yaitu ada warna biru langit dipinggang guppy jantan, lantaran dampak gen lain warnanya bisa beragam dari ungu ke turquoise. Perubahan teranyar dari type Japan Blue yaitu Lazuli biasanya mempunyai warna kepala serta pangkal ekor biru.



4. Pink White
Karakteristik type guppy ini yaitu warna putih pink dipangkal ekor. Type ini barusan diidentifikasi dengan sumber yg tidak di ketahui aslinya. Warnanya beragam dari pink ke putih. Varian yang awal mempunyai warna ekor dengan semburat merah, tetapi waktu ini lebih banyka didapati dengan warna solid jelas seperti biru serta putih.



6. Tuxedo
Gen tuxedo berikan warna gelap ditubuh sisi belakang (pinggang) seperti warna hitam serta biru, tetapi tingkat coverage nya berlainan. Biasanya menutupi separuh tubuh sisi belakang guppy. Gen tuxedo tak hanya berikan dampak pewarnaan, juga berikan dampak pada ukuran sirip. Tuxedo condong mempunyai sirip yang semakin besar.



7. Mozaic
Gen mozaic menunjukkan corak atau pola garis bergelombang pada sirip guppy. Karakteristiknya pola warna biru di pangkal ekor serta memanjang ke arah sirip ekor. Polanya senantiasa memiliki susunan yang teratur pada biru dengan kuning atau biru tua dengan merah. Untuk menjaga gen mozaic tidaklah gampang, dia mesti disilangkan dengan gen lain supaya dihasilkan gen mozaic yang bercorak cantik.



8. Grass Blue
Grass adalah perubahan dari mozaic. Gen grass dipertunjukkan dari corak sirip ekor serta sirip punggung guppy yang berbentuk noktah-noktah berbentuk titik atau pisau halus berwarna hitam atau biru gelap. Wujud noktah grass nyatanya berikan perbedaan warna, grass bercorak pisau halus nampak pada red grass sesaat corak noktah titik pada blue grass. Tetapi waktu ini baik red grass ataupun blue gress mempunyai corak noktah titik halus. Pada awal kemunculan grass warna sirip punggungnya transparant hingga kerap dimaksud juga glass grass



9. Leopard
Leopard dicirikan karenanya ada noktah tidak tipis yang menyebar acak pada siripnya berwarna biru gelap sampai hitam. Kemungkinan gen varietas ini adalah perubahan dari mozaic tetapi bisa didapati juga pada silangan type cobra dengan type guppy berwarna polos. Waktu ini type ini tidaklah terlampau banyak lantaran kurang demikian disenangi oleh beberapa hobbies.






1 comment for "Jenis-jenis Ikan Guppy"

Jenis guppy 9/27/2017 Delete Comment
Jenisnya banyak juga iya.. makasih jadi nambah wawasan.