Tips Merawat Ikan Arwana diakuarium (akuariumhiasku) -Ikan arwana dapat hidup baik di akuarium. walaupun demikian, ikan itu dapat hidup baik di akuarium jika akuariumnya disesuaikan. akuarium yang seperti apakah yang pas untuk  ikan arwana? inilah panduan pelihara ikan arwana di dalam akuarium.

A. Akuarium dan perlengkapan yang mencukupinya. 

Berhasil tidaknya akuarium jadi yang nyaman untuk ikan arwana, sangat dipengaruhi oleh kelengkapan sarana pendukungnya.
Aerator. Manfaat Aerator atau pompa udara yakni menyuplai udara ke di dalam air akuarium sekaligus menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pernapasan ke luar dari akuarium. Aerator dikatagorikan baik, apabila arus listrik yang menggerakkannya kecil, tetapi udara yang ditiupkannya relatif banyak.


Heater dan thermometer. alat pemanas (heater) ini diperlukan pada waktu suhu air akuarium turun dengan mencolok. tetapi alat pengontrol suhu air termometer juga dipasang di dalam akuarium. ditempat dingin, heater dan termometer ini sangat dibutuhkan. 

Filter. Manfaat filter atau penyaring air di dalam akuarium. filter ini bertindak untuk menyedot air akuarium, menyaring dan mengembalikannya lagi ke di dalam akuarium di dalam kondisi bersih.

Lampu TL. kehadiran lampu TL, tidak hanya menyinarkan cahaya, juga untuk membuat cantik penampilan akuarium. walaupun demikian, sinar lampu TL kadang dapat mengakibatkan panas yang melebihi kebutuhan. Idealnya untuk akuarium seluas 80 kali 40 cm memerlukan lampu TL berdaya 20 watt.

Rajin melakukan perawatan akuarium.Dengan perawatan yang baik, maka penampilan  ikan arwana di dalam akuarium tampak sehat,segar dan mengasyikkan.

B. Pemberian makanan yang pas kepentingan arwana.
Makanan utama ikan arwana di dalam akuarium yakni kelabang. walaupun demikian  ikan arwana jangan sampai terus-menerus di beri kelabang. sebaiknya divariasikan dengan makanan lain. perumpamaannya : udang, kecoa, katak, lipan, kadal, maupun jangkrik.

C. Pengontrolan dan pergantian air. 
Setiap hari anda harus mengontrol suhu dan ph air. adapun suhu air ideal untuk  ikan arwana kurang lebih 25-27 derajat celcius. jika suhu air dingin, selekasnya nyalakan heater hingga suhu air pas kepentingan. tetapi ph yang dikehendaki kurang lebih 6-8, 5. apabila ph terlalu rendah, maka tambahlah kapur kedalam akuarium. selain itu, sanitasi air perlu diperhatikan juga, silakan mengobati air akuarium dengan malachite green, dengan frekwensi 3 minggu sekali.

Dan jangan sampai lupa, air akuarium juga perlu diganti. namun penggantiaa air dipilahkan jadi dua, yakni :
pergantian air dengan reguler masing-masing 2 hari sekali dengan volume 10% dari seluruhnya volume air akuarium, dan Seluruh pergantian air ditangani masing-masing 3 bln. sekali. apabila anda memakai air pam, sebaiknya diendapkan 24 jam terlebih dahulu agar kandungan khlor mengendap dan setelah itu  ikan arwana baru dimasukan kedalam akuarium.



D. Interior Akuarium. 
kehidupan di dalam akuarium yaitu tiruan lingkungan hidup di alam bebas. oleh karena itu, perlu interior di dalam akuarium. tentang ini berarti menuntut animo estetika, sampai kombinasi pada keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana mampu menghadirkan nuansa yang cocok.

E. Tanaman air. 
Mengingat asal-muasal ikan arwana yang suka bersembunyi di bawah tanaman air, maka anda juga harus siapkan tanaman air. ada beberapa jenis tanaman air yang dapat diambil salah satunya : vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma, pistia stratiotes, najas indica.

F. Pasir batuan. 
Pasir digunakan untuk landasan peletakan batuan. sebaiknya anda memakai pasir sungai, yang terus bercampur dengan humus. diluar itu, anda juga perlu berikanlah batuan dan karang-karangan. ukuran batu yang ideal berdiameter 3 mm. batuan itu memiliki bermacam corak dan warna yang berbagai serta indah dipandang.
Axact

Akuarium Hias

Hi Sahabat Aquarium Hias. Blog Aquarium hias ini memberikan informasi dan tips seputar aquarium air tawar dan aquarium air laut yang diperuntukkan bagi anda yang hobby terhadap aquarium air tawar, auarium air laut, serta ikan hias yang ada di dalamnya. Ada tips dan panduan step by step mengenai cara merawat ikan hias pada aquarium air tawar dan aquarium air laut. Kami akan terus berusaha mengetengahkan informasi terupdate seputar aquarium air tawar dan aquarium air laut yang kami dapatkan dari berbagai sumber ataupun berdasarkan pengalaman, dan akan disajikan di blog aquarium hias ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mengerti dan mendapatkan referensi aquarium air tawar dan aquarium air laut.

loading...

Post A Comment: