Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Glodok (Ikan Amphibi)

Ikan Glodok (Ikan Amphibi) (akuariumhiasku) | Glodok yaitu suatu kata yang kerap kita dengar serta kerap disebut-sebut orang. bila mendegar kata ini, bayangan kita juga segera tertuju pada pusat pertokoan serta tempat perbelanjaan. Tetapi, glodok yang satu ini bukanlah nama pusat pertokoan, tetapi suatu nama ikan yang habitatnya yaitu air payau.



Ikan aneh Glodok umumnya ditemukan di muara-muara sungai yang banyak pohon bakaunya. di pantai pulau-pulau karang yang ada bakaunya, ikan aneh glodok dapat juga di dapatkan. di pulau Pari, Jakarta, umpamanya terdapat banyak Periophthalmus koelreuteri (panjang lebih kurang 150 mm) serta Periophthalmus vulgaris (panjang kurang lebih 105 mm). Apabila air surut ikan aneh glodok banyak tampak keluar dari air, merangkak atau melompat lompat diatas lumpur apabila air pasang ia akan masuk ke hutan bakau, baru turun kembali ke lumpur-lumpur pantai apabila air sudah surut atau ia bersembunyi pada lubang-lubang sarangnya. Toleransinya benar-benar besar pada pergantian salinitas. Sirip dada ekornya dipakai untuk alat gerak di darat. Ikan ini terkadang bergerombol bertengger pada akar-akar tunjang pohon bakau Rhizophora atau ada diantara akar-akar tunjang pohon bakau Sonneratia. Sirip perutnya yang menyatu berperan untuk alat penghisap untuk berdasar.



Konon, ikan aneh glodok ini terbagi dalam sebagian sepesies dengan ukuran badan beragam, dari 15 cm s/d 23 cm. Bila tengah berenang diatas permukaan air, sekilas ikan ini lalu terlihat seperti katak.

Sebutan " ikan amfibi " terasa cukup pas diberikan untuk dia. Tak hanya dapat hidup di air, ikan ini dapat juga berkelana ke darat seperti katak. Organ pernafasannya berbentuk insang yang alami sedikit perbedaan, di mana dinding sisi dalam tutup insang serta bilik insang berlipat ganda serta mempunyai banyak pembuluh darah. Tak hanya dari itu, ia mempunyai kekuatan bernafas di hawa, sepanjang insang serta tenggorokannya tetap cukup basah untuk pertukaran oksigen pada pembuluh darah di daerah itu.



ikan aneh Glodok mempunyai kekuatan lihat sama jelasnya pada di darat serta di ari. Hal semacam ini dikarenakan lantaran mata ikan glodok mempunyai dua susunan kornea serta kulit sisi dalam matanya berlapis-lapis yang faedahnya yaitu untuk menahan air dan menghindar kekeringan apabila ia tengah didarat.


ikan aneh glodok mempunyai dua sirip dada yang cukup tidak tipis serta keras mirip tungkai. dengan sirip dada yang mirip tungkai inilah ikan aneh glodok jalan di darat, sambil menyeret sisi belakang badannya serta meyentakan ekornya. Meskipun sekian, ia juga dapat melompat hingga sejauh 6 mtr.. Di habitatnya, ikan jantan menggali lubang dengan mulutnya serta menyemburkan lumpur hasil galiannya untuk membuat bibir lubang tadi hingga mirip kawah gunung berapi. apabila air laut surut, ikan aneh glodok kerap keluar dari air untuk berburu di daratan berlumpur. ikan aneh glodok bakal jalan semakin kemari sembari menyentakan ekornya untuk mencari mangsa buruannya.



Adapun hewan buruan ikan aneh glodok bisa berbentuk cacing, serangga, juga ikan-ikan kecil. Oleh karena itu ikan aneh glodok, termaksuk hewan karnifora. Tetapi sekian, bila ada ikan besar ikan aneh glodok bakal terancam jiwanya. Tersebut hukum alam, ada yang dimakan, ada juga yang mengonsumsi.