Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Mas Koki Fantail

Ikan Mas Koki Fantail (akuariumhiasku) | Mas koki fantail yaitu mas koki yang dicirikan dengan ekornya yang mirip kipas, oleh karenanya dimaksud juga untuk mas koki ekor kipas.





Mas koki asal jepang ini oleh pengagum mas koki diluar jepang kerap dimaksud dengan japanese fantail. Type mas koki ini aslinya datang dari China, serta pertama kali masuk ke jepang lewat kepulauan Ryukyu (gugusan pulau punya jepang terdapat diantara Taiwan serta Jepang). Dari Ryukyu, mas koki ini dibawa ke Kagoshima seputar th. 1772-1781. Lantaran dikira datang dari Ryukyu, orang-orang Jepang menyebutkan mas koki ekor kipas ini Ryukin. Di Jepang, fantail menempati urutan ke-2 untuk maskoki tersohor sesudah Lionhead (mas koki kepala singa). Badannya pendek serta berupa bulat seperti telur. Ekornya bersirip kembar serta berupa mekar memanjang mirip ekor mas koki veiltail (mas koki Tosa = mas koki ekor rumbai). Mempunyai sirip punggung berbenutuk tegak. Ada semasing dua sirip dada serta sirip anus. Akhir-akhir ini di market banyak ditemukan mas koki fantail dengan wujud ekor yang pendek. Maskoki ini adalah type yang umum sekarang ini.





Mas koki fantail type ini sudah banyak dibudidayakan serta terhitung type mas koki yang gampang di jual. Tak hanya fantail berbuntut pendek, di lokasi Yamagata, Jepang, sudah lahir type mas koki fantail berbuntut tunggal, mirip ekor ikan mas atau mujair. Maskoki type baru ini sering dimaksud yamagata, lantaran lahir di Yamagata. Kelebihan dari mas koki ini yaitu tahan hidup pada air bersuhu lebih rendah. Sepanjang pemeliharaan mas koki fantail benar-benar pas diletakkan di kolam taman atau kolam halaman belakang rumah.