Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Mono atau Monodactylus argenteus

Ikan Mono aka Monodactylus argenteus (akuariumhiasku) | awal diidentifikasi oleh Linnaeus th. 1758. Ikan Mono adalah Ikan yang mempunyai distribusi yang benar-benar besar. Mereka ditemukan di Laut Merah, di sepanjang pantai Australia, Afrika Timur serta di semua Asia Tenggara. The Mono Argentus tak tercatat pada IUCN Red Daftar. Nama lain ikan ini umum di kenal dengan yaitu Perak Moony, Perak MoonFish, Moonfish, Batfish Perak, Diamond Moonfish, Diamondfish, Fingerfish, Kitefish, Singapore Angelfish, Moony, Moonyfish, serta Malayan Angel.



Ikan Mono ditemukan di kolam kolam dangkal pada muara, terumbu perairan pantai, serta air tawar. Ikan dewasa umumnya bakal menempati lokasi pesisir serta ikan dewasa bakal tinggal di lingkungan payau. Di alamnya Mono bakal mengonsumsi beragam materi tanaman, detritus, serta serangga.



Ikan Mono Monodactylus argenteus yaitu ikan perak yang indah yang pasti mempunyai tempat dalam akuarium payau. Moony Perak Ini yaitu satu diantara favorite akuarium. ikan ini memiliki tubuh gepeng serta lateral dikompresi dengan bulat wujud berlian yang menarik.

Dengan cara seluruh Ikan Mono perak mempunyai warna kekuningan jelas pada dorsal, anal serta sirip ekor. Dua garis-garis hitam vertikal menghiasi sisi depan, satu melintas lewat mata serta ke-2 di insang. Saat mereka masih muda mereka juga mempunyai sirip punggung kuning cerah yang menaikkan daya tarik mereka.



Ikan ini dapat tumbuh mencapai 15 cm, dalam akuarium ikan ini biasa hidup berkelompok sesuai dengan habitat aslinya di alam liar

itulah sedikit informasi tentang ikan Mono, semoga menambah pengetahuan para pembaca dan semoga bermanfaat