Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Ikan Bawal Bintang

Budidaya Ikan Bawal Bintang (akuariumhiasku) | Pertama, yang butuh Anda kenali adalah ikan bawal bintang nyatanya mempunyai ketahanan tubuh serta penyesuaian ekosistem yang baik. Hal semacam itu pastinya bakal memberi keamanan pada resiko tidak berhasil panen disebabkan ikan-ikan yang mati. Dalam budidaya ikan ini, Anda mesti tahu sebagian informasi dasarnya. berikut ini adalah beberapa informasi tentangf cara budidaya ikan bawal bintang



Penentuan Induk Ikan 

Waktu mencari induk ikan bawal bintang, Anda mesti menyeleksi ikan yang besar dengan kwalitas paling baik. Induk ikan yang baik yaitu ikan dewasa yang mempunyai umur tua, mempunyai tubuh yang bagus, sehat, serta tak ada kecacatan, dan mempunyai berat tubuh diatas 1100 gr. Ikan dewasa umumnya mempunyai umur sekitar 6 bln.. Apabila usianya belum meraih standard, jangan sampai Anda paksa dia untuk jadi indukan lantaran ikan itu belum siap untuk dikawinkan.


Penyiapan Kolam Ikan 

Ikan bawal bintang yaitu ikan laut. Jadi, untuk budidaya ikan ini, Anda mesti memakai air laut, bukan air payau terlebih air tawar. Dalam membuat kolam, pertama yang perlu Anda punyai adalah tempat di tepi laut/pantai. Untuk memelihara bibit ikan, Buatlah media yg tidak terlampau besar sekitar ukuran 2,5 m x 1,25 m x 1,25 m.



Bahan yang dipakai yaitu waring serta jaring. Sementara untuk penggelondongan serta langkah pembesaran ikan, buat media yang besar, yakni sekira 7 m x 3,5 m x 3,5 m dengan memakai waring serta jaring yang lebih tebal.

Penebaran Benih 

Kerjakankanlah penebaran benih pada saat ikan dalam situasi fresh. Saat itu adalah pada pukul 6 – 9 pagi serta 3-5 sore hari. Benih ikan mesti dengan cara hati-hati dipindahkan ke kolam supaya tak stres. Apabila Anda memakai bak plastik dalam perpindahan, tuangkanlah dengan cara perlahan-lahan benih ikan itu ke kolam. Janganlah tergesa-gesa dalam mengerjakannya lantaran ikan yang masih tetap bibit ini mudah sekali sakit.

Apabila benih ikan banyak yang sakit, bakal beresiko negatif pada budidaya ikan keseluruhannya. Satu hal lagi yang butuh di perhatikan yaitu kesamaan suhu kolam dengan air daerah asal benih, jangan sampai terjadi perbedaan suhu. Apabila suhu berbeda, simpanlah bak plastik terlebih dulu ke air kolam supaya suhunya dapat sama sebelum saat ditebarkan.

Pemberian Pakan Ikan 

Budidaya ikan bawal bintang bakal membuahkan banyak serta berkwalitas baik apabila pakan yang Anda berikanlah mempunyai gizi yang baik. Ikan bawal bisa tumbuh dengan cepat dengan pakan paling baik. Jadi, jangan sampai hemat serta pelit dalam memberi pakan lantaran akhirnya akan sama juga dengan pakan yang dikeluarkan.

Untuk ikan yang masih tetap bibit, berilah pakan dengan frekuensi lima kali satu hari, sedang ikan yang agak besar di beri pakan 2 x satu hari. Anda dapat pilih dua type pakan ikan bawal, yakni pelet/pakan buatan serta ikan rucah.