Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Mangrove Rivilus, Bisa Hidup Tanpa Air

Ikan mangrove rivulus mungkin saja yaitu type ikan terhebat serta unik didunia. Type ikan ini hermaprodit dan dapat bertahan selama 2 bulan lebih di daratan tanpa ada air.

Ikan ini mempunyai ukuran seputar 75 mm. Mangrove rivulus yaitu hanya satu vertebrata yang dapat membuahi diri sendiri. Penelitian th. 2007 tunjukkan, ikan ini dapat hidup di darat sampai 66 hari didalam batok kelapa, kayu-kayu mangrove sampai kaleng bir.



Beberapa waktu terakhir, ilmuwan merekam kehidupan mangrove rivulus di daratan. Mereka mau tahu bagaimanakah type ikan aneh ini bertahan hidup serta bergerak di lingkungan tanpa ada air.
Dari rekaman video, tersingkap bahwasanya ikan ini dapat melompat-lompat di daratan dengan memakai ekornya. Pertama, ikan ini telentang di daratan, lalu menekukkan kepalanya serta lalu menggerakkan ekornya untuk menolong melompat.



Benjamin Perlman dari Wake Forest University yang memimpin studi menyampaikan, mangrove rivulus mempunyai kekuatan adapatsi darat tinggi. Di beritakan Livescience, Senin (8/7/2013), ikan ini mempunyai kekuatan mengarahkan lompatan serta mengerahkan style lompat lebih tinggi.

Kekuatan melompat itu jadi kunci bertahan hidup mangrove rivulus. Dengan kekuatan ini, ikan dapat beralih dari lingkungan yang minim oksigen serta mempunyai kandungan hidrogen sulfida yang tinggi.



Kekuatan melompat membuat ikan ini dapat dapat berburu mangsa di daratan. Ikan ini dapat memangsa hewan seperti jangkrik.