Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Hias Butterfly

Ikan Hias Butterfly (akuariumhiasku) | Satu diantara Jenis ikan hias yang saat ini tengah trend dibudidaya serta mempunyai harga yang cukup baik, yaitu Butterfly Fish atau biasa di kenal ikan hias Kupu-Kupu. Ikan hias ini mempunyai banyak genus serta spesies dengan badan yang beragam warna. Bentuk badan biasanya pipih seperti cakram dengan ukuran yg tidak terlampau besar sekitar 6 inci (15 cm). Dengan penampilan serupa kupu-kupu yang terbang melayang di air dengan warna-warni menarik, bikin ikan ini enak dilihat terlebih di akuarium. Tidak heran bila beberapa orang yang suka memeliharanya.



Ali Anwar, Ketua Koperasi Ikan Hias Candrabahaga, Kota Bekasi menyampaikan bahwasanya prospek ikan hias di Indonesia sangat cerah, lantaran alam tropis Indonesia sangat pas untuk budidaya bermacam type ikan hias. Suhu serta pH-nya juga ideal untuk budidaya. Untuk ikan-ikan khusus pas dibudidaya di dataran rendah sampai tengah, yaitu 24-29°C. Sedang di dataran tengah sampai tinggi sekitar 18-26°C. Derajat keasaman/pH-nya pas, yaitu 6-7, 5 serta derajat kesadahan air/dH 1-8. 



Ditambahkan Rachmat Syah Muchtar, pengamat perikanan dari Balai Perikanan DKI Jakarta, usaha ikan hias lebih untungkan mengingat cost operasional ikan hias lebih rendah dari pada ikan konsumsi. Dengan pola pemeliharaan serta pemberian makan yang nyaris sama juga dengan ikan konsumsi, usaha ikan hias dapat memberi pemasukan yang semakin besar lantaran harga ikan hias lebih mahal. 




Butterfly Fish ada yang hidup di air laut serta ada yang hidup di air tawar. Type Butterfly Fish yang hidup di air asin umumnya mempunyai habitat di laut, sedang type air tawar seperti African Butterfly Fish. Jenis Butterfly Fish yang hidup di air laut biasanya suka pada suhu air yang agak tinggi dengan tingkat keasinan mendekati kehidupan terumbu karang, yakni 1. 025 ppm. Anakan ikan ini bakal lebih cepat menyesuaikan dengan lingkungan baru daripada ikan dewasa. Butterfly Fish memerlukan kwalitas air yang stabil serta pakan hidup seperti serangga kecil, alga, crustaceae serta polip koral. 

Beberapa pembudidaya Butterfly Fish  dari mulai tingkat supplier hingga eksportir. Jalur atau mungkin langkah yang efisien untuk mempromosikan ikan hias Butterfly Fish dapat memakai jaringan yang sudah dibina sesama pembudidaya, pembudidaya dengan supplier, serta eksportir. Jalinan yang baik dalam jaringan, bikin produksi ikan hias Butterfly Fish bakal stabil serta meningkat. Langkah lain yaitu lewat pameran ikan hias. Serta, atau juga melalui media internet yang berupa forum