Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Hias Rasbora Ekor Gunting

Ikan Hias Rasbora Ekor Gunting (akuariumhiasku) | Ikan ini menyebar luas dari sungai Chao Phraya, sungai mekong, Malaysia Sumatera, serta Kalimantan. memiliki nama ilmiah Rasbora trilineata serta didunia ikan hias di kenal dengan nama scissortail rasbora atau mungkin rasbora ekor gunting. bentuk ekornya memanglah seperti sebuah gunting.



Ikan mungil ini nyatanya dapat tumbuh hingga 16 cm serta bisa dipelihara hingga 3th.. satu usia ikan yang pendek, nyaris sama juga dengan grup tetra. Ikan ini yaitu mikropredator. di habitat aslinya, mereka mengonsumsi sebagian serangga darat atau mungkin invertebrata air, serta moluska yaitu diet intinya. namun waktu dipelihara di akuariumn, ikan dengan gampang menyesuaikan dengan mengonsumsi pelet.

Sedikit informasi mengenai budidaya ikan Rasbora Ekor Gunting :

Membedakan Jantan serta Betina 
Ikan betina semakin besar di banding jantan, serta perutnya tampak gemuk waktu tengah memiliki kandungan telur.

Persiapan Induk 
Ikan dipelihara dalam jumlah banyak di akuarium atau mungkin bak semen. sesudah dewasa bisa diambil indukan yang berkwalitas serta mulai dipisahkan untuk dipijahkan.

Bak Pemijahan 
Pemijahan bisa dikerjakan di aquarium, kolam semen, atau mungkin bak fiberglass

Kwalitas Air 
Air yang digunakan bersuhu seputar 22-25 derajat celcius serta pH 6-8 atau mungkin menggunakan air netral 6, 5

Pakan 
Ikan di beri pakan hidup seperti artemia, kutu air, cacing sutera untuk mempercepat ikan memijah.

Sistem Pemijahan 
Ikan ini gampang dipijahkan, bahkan juga tanpa ada banyak campur tangan manusia. waktu kondisinya bagus, mereka selalu memijah.
mereka memiliki karakter pemijahan egg scattering, continous spawner, serta no parental care. ikan memijah dengan menyerakkan telur hingga dibutuhkan alat peletak telur di basic, baik buatan ataupun tanaman air. tanaman air type carpet seperti java moss sangatlah effectif menyembunyikan telur dari pandangan ikan dewasa yang sukai mengonsumsi telur.
ikan selalu memijah tanpa ada batasan musim serta saat sepanjang keadaan sangat mungkin. induk sesudah memijah akan tidak menjaga telurnya.

Membesarkan Benih 
Telur yang melekat di alat peletak telur atau mungkin tanaman air bakal menetas seputar 18-48 jam, bergantung suhu air. ikan mulai berenang bebas 24-48 jam sesudah menetas. waktu tersebut ikan telah mesti di beri pakan berbentuk emulsi kuning telur atau mungkin cacahan cacing sutera.
hingga minggu ke-2, ikan telah bisa di beri cacing sutera utuh.

Fase Kritis 
Step utama dalam budidaya ikan ini yaitu waktu menetaskan telur serta membesarkan hingga usia 2-3 minggu.