Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Hias Tiger Barb

Tiger Barb atau mungkin Puntius tetrazona (pada awal mulanya Barbus tetrazona) sangatlah mencolok serta bakal menyemarakkan serta memperindah akuarium. Jenis ini yang paling besar dari ' banded barb ' serta mempunyai warna meriah berwarna kuning dengan badan merah dengan empat garis-garis hitam yang sangatlah khas. Saat dewasa warna mereka condong memudar sedikit, namun gerombolan ikan ini sangatlah lucu serta menarik dipelihara dalam akuarium.



Spesies cyprinid merupakan ikan hias yang sudah cukup lama populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini sempat di juluki " sumatranus " lantaran datang dari Sumatera. Nama umumnya sering di juluki oleh yaitu Sumatera Barb, Partbelt Barb, serta Tiger.



Biasanya ikan ini bukan hanya hasil tangkapan liar. Mereka umumnya dibudidayakan dan di besarkan di Asia Tenggara serta Eropa Timur. Terdapat banyak varietas serta ' pergantian warna' dari ikan ini serta sebagian salah satunya saat ini sangatlah popular. Ini terhitung Longfin Tiger Barb dan variasi warna Albino (Emas/Red) Tiger Barb serta Green Tiger Barb.

Ikan ini sangat mudah perawatanya dan tenang jadi sangatlah pas untuk aquarists dari seluruhnya tingkat pengalaman. Mereka cukup kuat seandainya air mereka terus bersih dengan perubahan air teratur. Mereka sangatlah aktif, berenang cepat, serta ikan yang sangatlah lucu. Mereka suka pada akuarium dengan tanaman, namun yang paling baik untuk meletakkan vegetasi di sekitar akuarium hingga ada ruang yang luas untuk berenang. Mereka bakal makan seluruh jenis makanan serta cukup gampang untuk berkembang biak.


Tiger Barb yaitu spesies ikan yg tidak memerlukan grup tetapi akan lebih baik dalam grup sekurang-kurangnya enam atau mungkin tujuh ikan. Mereka agak lincah serta dalam grup mereka dengan cepat bakal membuat " pecking order ". mereka yaitu ikan yang usil serta penasaran hingga sukai sekali menggigit sirip ikan lain, terlebih ikan yang bersirip panjang semacam manfish. Persoalan ini nampaknya muncul cuma saat mereka dipelihara dengan cara perorangan atau mungkin dalam grup kecil. Di suatu grup yang semakin besar mereka biasanya terlampau repot menguber keduanya serta tidak ingin repot-repot dengan tankmates mereka yang lain.