Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Oarfish

Mengenal Oarfish (akuariumhiasku) | Oarfish termasuk juga ke family Regalecidae yang mempunyai empat spesies. Satu diantara spesies, Regalecus Glesne, pernah masuk ke Guinnes Book of World Record karena pernah diketemukan seekor yang hidup dengan panjang badan sampai meraih 11 m (36 kaki). Ikan ini mempunyai sirip tunggal berwarna merah serta termasuk juga ikan yang penyendiri. Tetapi saat ikan ini tengah sakit atau sekarat, kelihatannya sang penyendiri ini tidak mau mati dalam kesepian. Jadi ia naik ke atas permukaan laut serta bertahan disitu sampai mati. Mungkin saja untuk menarik perhatian beberapa pelaut, atau cuma mau melihat matahari untuk paling akhir kalinya.



Beberapa pelaut saat lampau mungkin saja sudah lihat ikan ini di permukaan dan menganggapnya juga sebagai monster laut. Umpamanya, pada th. 1860, saat seekor Oarfish sepanjang 5 m. terdampar di pantai Bermuda, beberapa masyarakat langsung mengkaitkannya dengan monster laut yang legendaris.



Sebagian ilmuwan yakin bahwa besar kemungkinan ada Oarfish yang ukurannya melebihi 11 mtr.. Tetapi hingga saat ini belum ada yang membuktikanya.