Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Awal Akuarium Air Laut

Persiapan Awal Akuarium Air Laut (akuariumhiasku) | Menghidangkan panorama laut dalam yang fantastis ke ruang favorite dirumah tentu bakal jadi alternatif untuk menyingkirkan stress sesudah anda capek bekerja sepanjang hari. untuk mengawali hoby ini dibutuhkan ketekunan, kesabaran serta kerelaan kita untuk menyisihkan waktu untuk menjaga dengan cara teratur akuarium air laut kita.



Misalnya Juga sebagai awal anda membutuhkan ukuran akuarium bermacam macam namun dapat dipilih sesuai dengan selera atau keuangan anda misalnya akuarium 100 cm dengan lebar 65 cm serta tinggi sekitar 60 cm, untuk akuarium ukuran itu anda memerukan cost sekitar Rp. 400.000 hingga Rp. 500. 000, bila anda dapat untuk membuat akuarium anda sendiri tentu bakal lebih menghemat cost. Dengan ukuran akuarium tsb anda membutuhkan sekitar 400 L air laut dengan harga Rp. 300/Liternya, untuk setup awal anda bisa meletakan live rock atau karang hidup yang ditata sesuai sama selera anda, untuk harga live rock sekitar pada Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000.

Adapun untuk peralatan dan bahan penambahan yang dapat digunakan diantaranya :

1. Akuarium

2. Power Pump dengan harga sekitar pada Rp. 80.000 hingga Rp. 200.000 bergantung ukuran nya.



3. Lampu, lampu dipakai untuk mengganti cahaya matahari serta sekalian memperindah akuarium air laut anda, ukuran lampu mesti sesuai dengan panjang aquarium anda. Harga serta merk lampu berbagai – jenis. Umpamanya anda pilih Lampu ber merk Dagenbow yang berjenis T8, anda cuma butuh merogoh kocek sekitar Rp. 35.000 saja untuk lampu memiliki ukuran 30watt yang cocok untk aquarium anda. Bila anda pilih Lampu berjenis Metal HighLight Mungkin saja anda membutuhkan uang sekitar Rp. 500.000 per buahnya dengan ukuran 250watt.

4. Meja, meja akuarium mesti di buat dengan hati hati, lantaran ini bisa memengaruhi keseimbangan aquarium anda, dengan kayu yang kuat, dengan ukuran yang presisi dengan akuarium air laut anda.

5. Protein Skimmer, Skimmer bisa anda beli toko peralatan aquarium paling dekat. Atau anda bisa membuatnya sendiri dari pipa paralon. Skimmer berperan untuk memisahkan partikel ringan serta partikel berat, skimmer bakal membawa partikel ringa misalnya lendir dari terumbu karang atau ikan anda ke atas lewat busa nya.



6. Pengukur kandungan garam diperlukan untuk mengukur asin atau tawar nya air di akuarium air laut anda, harga nya sekitar Rp. 35. 000.



7. Filter aquarium, untuk standard nya anda mesti memakai filter yang berupa aquarium dengan sekat sekat yang ditempatkan dibawah aquarium paling utama anda. Hal semacam ini berperan untuk tingkatkan keseluruhan volume air di aquarium anda. Filter aquarium baiknya janganlah berisi makhluk hidup apa pun, supaya bakteri bisa bertumbuh dengan baik.

Panduan dan Tips Memulai Hoby Akuarium Air Laut :
1. Senantiasa ganti air laut minimum 10 persen tiap-tiap minggu.
2. Janganlah tergesa-gesa untuk memasukan organisme kedalam akuarium lantaran akuarium laut perlu sistem untuk terjadinya sistem daur lagi (recycle) minimum 20 hari.
3. Cermati suplemen yang anda imbuhkan kedalam akuarium, upayakan janganlah terlalu berlebih.
4. Cermati suhu air, upayakan janganlah melampaui batas max 28 derajat celcius, jika dibutuhkan imbuhkan kipas kecil.
5. Tanpa ada chiller serta skimmer akuarium anda dapat bertahan sepanjang perubahan air baru teratur anda lakukan.
6. Cermat dalam beli penghuni akuarium.