Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis-jenis Ikan Sapu-sapu Hias (Pleco)

Mengenal Jenis-jenis Ikan Sapu-sapu Hias (akuariumhiasku) | (pleco) yang banyak dipelihara oleh penghobi ikan hias air tawar di indonesia. Ikan sapu-sapu banyak dipelihara lantaran gampang perawatannya serta corak dan warnanya yang unik. Diluar itu, harga ikan sapu-sapu hias juga fantastis. Harga Ikan sapu-sapu hias dapat meraih beberapa ratus ribu sampai jutaan rupiah perekornya.

Mengapa ikan sapu-sapu hias mahal?
Karena rata-rata ikan sapu-sapu itu datang dari luar negeri. Sebagian type ikan sapu-sapu hias datang dari sungai Amazon serta sungai-sungai di Brazil.

Kembali ke judul. Ada berapakah type ikan sapu-sapu hias yang umum dipelihara oleh penghobi?
berikut ini beberapa jenis ikan sapu-sapu yang umum di pelihara para penghobi ikan.

1. Ikan sapu-sapu hias jenis Hypancitrus Zebra. 
Ikan sapu-sapu hias type hypancitrus zebra ini yaitu type ikan sapu-sapu hias paling mahal. Ikan yang datang dari sungai amazon ini diberi nama hypancitrus zebra lantaran mempunyai corak hitam serta putih bergaris-garis serupa kuda zebra.



2. Ikan sapu-sapu hias jenis Scarlet. 
Ikan sapu-sapu hias type scarlet juga diberi nama sesuai sama bentuk serta warna fisik ikan. Scarlet bermakna merah tua atau merah sedikit orange. ikan sapu-sapu scarlet dapat di temmui di sungai-sungai negara Brazil.



3. Ikan sapu-sapu hias jenis Leopard. 
Type ikan pleco yang ketiga yaitu type ikan pleco leopard. Nama latin ikan sapu-sapu type leopard yaitu Pseudacanthicus CF Leopardus. Ikan pleco type leopard yaitu ikan ke-2 dari type ikan sapu-sapu paling mahal terkecuali ikan pleco type hypancitrus zebra.



4. Ikan sapu-sapu hias jenis Leopard Frog Pleco. 
Ikan sapu-sapu hias setelah itu yaitu ikan sapu-sapu hias type leopard frog pleco. ikan sapu-sapu type leopard frog pleco yaitu type ikan sapu-sapu memiliki ukuran tengah lantaran ukuran ikan sapu-sapu leopard frog pleco dewasa cuma sekitar 10 sampai 15 sentimeter. Sepintas, ikan ini serupa dengan ikan sapu-sapu type Hypancitrus Zebra, cuma saja dia mempunyai garis kuning serupa ikan sapu-sapu leopard



5. Ikan sapu-sapu hias jenis Royal Pleco. 
Nama latin dari ikan sapu-sapu hias type Royal Pleco yaitu Panaque Nigroliatus. Ikan sapu-sapu hias type Royal Pleco yaitu type ikan sapu-sapu hias memiliki ukuran tengah. Ukuran untuk ikan sapu-sapu hias type royal pleco meraih ukuran 40 sentimeter.



6. Ikan sapu-sapu hias jenis Golden Royal Line Pleco. 
Golden royal line pleco yaitu type ikan sapu-sapu hias memiliki ukuran tengah. Waktu dewasa, ikan sapu-sapu hias ini cuma meraih ukuran tak kian lebih 20 sentimeter. Ikan pleco type golden royal line pleco banyak diketahui di venezuela.



7. Ikan sapu-sapu jenis Broken Line Royal Pleco. 
Ikan sapu-sapu type broken line royal pleco mempunyai corak garis putus-putus, sesaat ikan golden line royal pleco mempunyai garis yg tidak putus-putus. Ikan sapu-sapu type broken line royal pleco juga mempunyai warna basic biru pucat, serta ikan ini bisa meraih ukuran kian lebih 40 sentimeter.



8. Ikan sapu-sapu jenis Golden Nuget Pleco. 
Ikan sapu-sapu type beberapa pleco yaitu ikan sapu-sapu yang datang dari sungai di Brazil. Ikan ini mempunyai warna basic kekuning-kuningan dengan totol berwarna hitam eksotis, dengan pola corak totol semakin ke belakang semakin besar.



9. Ikan sapu-sapu jenis King Tiger Pleco. 
Seperti namanya, ikan sapu-sapu type king tiger pleco mempunyai corak yang unik, serupa corak pada badan harimau, tetapi dengan warna hitam serta putih.



10. Ikan sapu-sapu jenis Small Spotted Cat Pleco. 
Ikan sapu-sapu type small spotted cat pleco yaitu type ikan sapu-sapu yang mempunyai ukuran kecil. Ukuran dewasa dari ikan sapu-sapu type small spotted cat pleco kurang dari 13 sentimeter. Ikan ini banyak diketahui di aliran sungai amazon yang melewati venezuela.



11. Ikan sapu-sapu jenis Big Spot Hypostomus. 
Seperti namanya, ikan sapu-sapu type Big Spot Hypostomus ini mempunyai corak polkadot besar dengan warna basic putih kekuning-kuningan.



12. Ikan sapu-sapu jenis Xingu Peppermint Pleco. 
Tak seperti ikan sapu-sapu hias type lain, ikan sapu-sapu hias type xingu peppermint pleco dinamakan berdasar pada dari nama asal sungainya di Brazil, yakni sungai Rio Xingu. Ikan sapu-sapu type Xingu Peppermint Pleco mempunyai warna basic hitam pekat dengan totol kecil yang menyebar dengan teratur di sekujur badannya.



13. Ikan sapu-sapu jenis Xingu Baryancistrus. 
Ikan sapu-sapu type Xingu Baryancistrus yaitu type ikan sapu-sapu memiliki ukuran tengah. Ukuran dewasa dari ikan sapu-sapu type Xingu Baryancistrus optimal cuma meraih 25 sentimeter. Warna basic ikan sapu-sapu type Xingu Baryancistrus yaitu hitam dengan totol kekuningan di badannya.



14. Ikan sapu-sapu jenis Violet Red Bruno. 
Ikan sapu-sapu hias violet red bruno yaitu type ikan sapu-sapu hias yang gampang didapati di selama aliran sungai Amazon. Ikan ini mempunyai warna keunguan yang khas dengan intensitas semakin gelap di ekornya. Sisi mata ikan sapu-sapu hias type Violet Red Bruno berwarna kebiruan.



15. Ikan sapu-sapu hias jenis Red Fin Cactus Pleco. 
Ikan sapu-sapu hias type Red Fin Cactus Pleco mempunyai guratan sisik di badannya, serupa tanaman kaktus, serta sirip dan ekor yang mempunyai warna merah. Ikan sapu-sapu hias type Red Fin Cactus Pleco mempunyai habitat asli di Rio Tocantis, negara Brazil. Ikan sapu-sapu type ini dapat meraih panjang 60cm