Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Gobi Pemanjat Air Terjun

Ikan Pemanjat Air Terjun | Beberapa peneliti temukan suatu spesies ikan yang berperilaku unik di Hawaii, Amerika Serikat. Ikan kecil ini di ketahui dapat memanjat air terjun setinggi 100 mtr. dengan cuma memakai mulutnya.



Seperti ditulis website LiveScience, Senin 7 Januari 2013, spesies ikan ini diberi nama Gobi Nopoli Rock Climbing atau Sicyopterus stimpsoni. Ikan ini memanjat dengan menghisapkan mulutnya ke permukaan batuan serta memindahkan tubuhnya dengan cara perlahan.

Menurut Richard Blob, Peneliti Evolusi Biomechanist dari Clemson University di South Carolina, ikan yang bisa tumbuh sepanjang 18 cm ini memakai kemampuan rahang untuk tempelkan mulutnya ke permukaan batu untuk mengikis makanan. Selain untuk makan, mulutnya dipakai juga untuk mendaki. Ini satu diantara bentuk evolusi tingkah laku dari seekor hewan waktu mencari makanan,kata Blob.





Untuk menunjukkan apakah ikan ini benar mendaki, beberapa peneliti menangkap ikan Gobi Nopoli Rock Climbing serta menaruhnya didalam akuarium. Mereka juga merekam kemampuan rahang ikan Gobi waktu tempelkan mulutnya di segi akurium serta memanjatnya untuk mencapai makanan.

" Tingkah laku ini belum jelas maksudnya, apakah aktivitas makannya disesuaikan untuk mendaki, atau demikian sebaliknya, " lebih Blob lagi.

Sekarang ini beberapa peneliti tengah menghimpun spesies ikan Gobi lain yang datang dari Karibia untuk tahu urutan dari evolusi tingkah laku ekstrim ikan ini. Hasil dari riset ini sudah dipublikasikan pada Jurnal On-line Plus One pada tanggal 4 Januari lalu.