Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Ikan Yang Sering di Juluki Ikan Naga



Inilah Ikan Yang Sering di Juluki Ikan Naga (akuariumhiasku)| Ikan Palmas, adalah ikan yang termasuk dalam Family Polypteridae (Bichir), artinya ikan bersirip banyak. Ikan Palmas disebut  ikan naga lantaran serupa benar dengan ular naga dalam legenda Tiongkok. Ikan ini termasuk juga ikan primitif serta kerap dikatakan sebagai “snake like fish” (ikan serupa ular). Palmas, adalah salah satu type ikan purba/jurasic fish. Penyebaran yaitu di Afrika Barat. Palmas yaitu ikan pemangsa (predator), carnivora. Ikan ini memiliki kekuatan untuk mengambil udara dengan alat yang sudah termodifikasi sedemikan rupa mirip paru-paru, selain itu ia dapat untuk merayap di atas tanah dengan memakai sirip dadanya yang kuat. Oleh itu untuk mememihara palmas dinasihatkan supaya menutupnya agar ikan ini tidak melompat.



Axolotl (Ambystoma mexicanum) yaitu type salamander yang menggunakan hidupnya berbentuk larva. Binatang eksotis nan unik ini terkadang dikatakan sebagai “Ikan Jalan Meksiko” lantaran ia tampak seperti ikan yang mempunyai tangan serta kaki. Tetapi, Axolotl sesungguhnya tak sejenis ikan, namun sejenis salamander yang diketemukan di Mexico City. panjang Axolotl dapat mencapai 30 cm, tetapi ukuran rata-rata cuma 15 cm. Warna badan mereka pirangan kehitaman atau cokelat namun kebanyakan berwarna albino dengan warna pink. Hewan lucu ini mempunyai insang yang ada diluar badannya. Insang nampaknya ada di samping kepalanya hingga sekilas tampak seperti tanduk. Orang Timur kerap membuat suatu fantasi yang terkait dengan legenda naga, hingga mereka kerap dikatakan sebagai ikan naga. Axolotl kadal termasuk juga yang mempunyai usia panjang, Axolotl dapat hidup hingga 10-15 th. serta bisa tumbuh sampai 60cm, bahkan juga ada yang pernah menangkap ekor Axolotl raksasa di pedalaman Meksiko yang s/d 1,4 m, penemuan itu betul-betul mengagetkan.



Arwana termasuk juga famili ikan “karuhun”, yakni Osteoglasidae atau famili ikan “bony-tongue” (lidah bertulang), lantaran sisi dasar mulutnya berbentuk tulang yang berperan juga sebagai gigi. Arwana memiki beragam julukan, seperti : ikan naga (Dragon Fish), Barramundi, Saratoga, PlaTapad, Kelesa, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkelese, Aruwana, atau Arowana, bergantung dari tempatnya.
Di alam mereka berenang di dekat permukaan untuk berburu mangsa. Arwana bisa terima semua jenis pakan untuk ikan karnivora, namun kerapkali mereka jadi sangat suka pada salah satu type pakan saja, serta menampik type yang lain.



Termasuk kerabat dekat dengan arwana, arapaima Amazon yang terkadang dianggap juga sebagai ikan air tawar paling besar didunia. Menurut gambaran awal, ikan ini dapat tumbuh sampai 4,5m. panjangnya, namun saat ini, individu-individu yang sangatlah besar seperti ini tidak sering diketemukan serta rata-rata arapaima dewasa yang diketemukan hanya yang panjangnya 2 meteran. Predator ini bergerak lambat serta mengonsumsi ikan kecil, serta apapun yang kecil yang dapat muat dimulut mereka. Suatu ciri menarik dari ikan ini yaitu bahwa mereka butuh oksigen dari hawa, untuk bertahan hidup. Arapaimas tak beresiko untuk manusia serta kerap diburu untuk daging mereka, sayangnya, mereka sangatlah langka sekarang ini. kecuali di musium air tawar di TMII

Referensi :

Hewanpediadotcom